UMKM harus kita dorong dan kita lindungi.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia membahas langkah-langkah perlindungan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

"Pertemuan ini membahas persiapan dilakukannya nota kesepahaman antara Kemenkumham dengan Kadin untuk memajukan UMKM," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Yasonna mengatakan Pemerintah terus melindungi UMKM dan memberi kesempatan luas untuk berkembang. Hal itu dikonkretkan melalui kemudahan berusaha dan pendirian perseroan perorangan yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

"Bersama Kadin, dari Undang-Undang Cipta Kerja kita melahirkan perseroan perorangan dan akan kita luncurkan bersama," kata dia.

Hal tersebut terutama menyikapi dan melindungi UMKM yang terdampak akibat pandemi COVID-19 yang telah terjadi sejak dua tahun terakhir.

"UMKM harus kita dorong dan kita lindungi," kata Yasonna.

Yasonna mengatakan pendirian perseroan perorangan dapat dilakukan dengan mudah dan berbiaya murah oleh pelaku UMKM. Dengan mendirikan perseroan perorangan, maka UMKM akan berbadan hukum dan mendapat akses permodalan dari bank Himbara yakni BRI, BNI, Bank Mandiri dan BTN.

Tidak hanya itu, pelaku UMKM di Tanah Air juga akan mendapatkan pembinaan manajemen keuangan untuk pengembangan usahanya ke depan. Dengan demikian, diharapkan roda perekonomian dapat terus membaik dan tumbuh.

Dengan mendirikan perseroan perorangan, maka akan langsung berbadan hukum. Tujuannya supaya entitas legalnya lebih terlindungi karena berbadan hukum.

Dalam waktu dekat, Kemenkumham bersama Kadin akan menandatangani nota kesepahaman, sehingga pengusaha atau anak muda yang ingin mendirikan "startup" atau perusahaan rintisan mendapatkan dukungan dari Pemerintah.

"Kita juga akan kerja sama dengan Kementerian Koperasi untuk menumbuhkan entrepreneur baru dari UMKM," kata dia pula.
Baca juga: Menkop/UKM Teten Masduki: Pemerintah serius dorong UMKM naik kelas
Baca juga: KADIN siapkan program untuk bantu penguatan kinerja UMKM

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021