Kami ingin eksistensi Ombudsman lebih dioptimalkan
Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie meminta Ombudsman Republik Indonesia dapat membantu secara aktif percepatan kemajuan Gorontalo.

"Kami ingin eksistensi Ombudsman lebih dioptimalkan, agar masyarakat lebih paham tugas ombudsman dan berpartisipasi, serta ikut merasakan kehadiran Ombudsman," ujar Rusli usai bertemu dengan anggota Ombudsman Republik Indonesia, Yeka Hendra Fatika di Gorontalo, Selasa

Pada pertemuan itu, Rusli Habibie dan Yeka membahas produksi jagung sebagai 'branding' Provinsi Gorontalo.

Rusli menjelaskan  masyarakat Gorontalo sudah terbiasa mengonsumsi jagung dari zaman kerajaan, bahkan masyarakat juga mengkonsumsi beras campur jagung.

"Sebagai upaya mempertahankan produksi jagung dan sektor pertanian, pada tahun 2013 Pemerintah Provinsi Gorontalo membangun irigasi sawah dengan tujuan menciptakan 10.000 hektare (ha) lahan cetakan sawah. Saat ini sudah tercipta 2.000 ha pencetakan sawah," ucap Rusli.

Rusli mengatakan bahwa dahulu masyarakat Gorontalo yang berprofesi di bidang peternak juga mendominasi, tetapi kini beralih profesi ke bidang pertanian.

Ia menjelaskan, sektor pertanian di daerah itu mengalami kendala, yaitu pengadaan bibit dan pupuk dilakukan secara nasional.

"Dahulu pengadaan tersebut diserahkan ke daerah, sehingga dilakukan dengan menyesuaikan potensi daerah, jenis tanah, masa tanam masing-masing daerah. Selain itu, saat ini tidak ada lagi insentif pertanian jagung," jelasnya.

Menanggapi sinergi Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Ombudsman, Yeka Hendra Fatika menyambut baik harapan Gubernur Gorontalo tersebut.

"Kami terbuka dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan sinergitas dengan Ombudsman. Kami harap koordinasi dapat dilakukan secara intensif antar kedua lembaga, sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang optimal," bebernya.

Yeka menambahkan, bahwa pemerintah mendesentralisasikan kewenangan penyelenggaraan pelayanan publik kepada daerah agar pelayanan publik menjadi lebih responsif terhadap dinamika masyarakat di daerah.
Baca juga: DPRD Gorontalo Utara mendorong pembayaran retribusi dengan QRIS
Baca juga: Bupati Bone Bolango terima penghargaan dari Kemenag
Baca juga: Wagub Gorontalo: Pekerjaan jalan Suwawa-Tulabolo segera rampung

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021