Fakultas Farmasi UI buat buku saku isolasi mandiri COVID-19

Fakultas Farmasi UI buat buku saku isolasi mandiri COVID-19

Buku saku isolasi mandiri (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Depok, Jawa Barat, membuat “Buku Saku Isolasi Mandiri Covid-19”, sebagai pegangan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Dekan FFUI, Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt, dalam keterangannya, Selasa, mengatakan selain bekerja sama dengan Dinkes Kota Depok, buku ini juga merupakan hasil kolaborasi FFUI dengan Fakultas Psikologi dan Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

"Hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi dan upaya kita bersama dalam menanggulangi COVID-19. Buku saku ini merupakan panduan praktis dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan bertujuan untuk membantu masyarakat secara umum mengenai isolasi mandiri," ujarnya.

Baca juga: KSP gelar forum konsolidasi penanganan COVID-19 di Yogyakarta

Buku ini ditulis oleh tim yang terdiri atas apt. Kartika Citra Dewi Permata Sari, M.Farm., Dr. apt. Febrina Amelia Saputri, M.Farm., apt. Nisa Maria, M.Farm., Dien Nurdini Nurdin, M.Psi., Psikolog, dan Gina Najjah Hajidah, M.Hum.

Buku ini akan diunggah dalam format e-book dan dapat diakses publik melalui aplikasi “Depok Single Window”. Buku saku isolasi mandiri ini juga dapat diakses dan diunduh melalui laman pelayanan konsultasi obat milik FFUI, yaitu https://pio.farmasi.ui.ac.id/.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Depok, dr. Zakiah berharap dengan kegiatan ini, pengetahuan tentang keberadaan e-book isolasi mandiri dapat diketahui oleh banyak orang.

Baca juga: Anggota DPR: Teruskan strategi pengendalian varian Delta di Omicron

Buku ini berisi tentang panduan praktis mengenai isolasi mandiri untuk para pasien COVID-19 dengan kategori gejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG). Buku ini juga berisi tentang panduan menyikapi COVID-19 dari sisi kesehatan, psikologi, maupun agama.

Salah seorang penulis buku saku tersebut, Dien Nurdini Nurdin menyampaikan mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merelaksasi diri sehingga dapat terhindar dari stres.

Langkah tersebut antara lain adalah dengan mengatur napas, grounding, tetap melakukan aktivitas fisik, dan menjaga hubungan sosialisasi.
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021