Jakarta (ANTARA) - Persaingan ketat diprediksi terjadi antara dua pecatur yang saat ini menempati posisi teratas, yakni Surya Wahyudi dan Grand Masters (GM) Susanto Megaranto pada hari keempat ajang JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Selasa.

Selama berlangsungnya turnamen catur berhadiah total Rp110.500.000 itu, kedua pecatur tersebut belum terbendung, dengan sama-sama mengantongi lima poin. Namun pada babak kelima, Senin (6/12) kemarin, Surya secara mengejutkan menggeser posisi GM Susanto di puncak klasemen setelah unggul dari nilai tie break.

Surya saat ini memiliki rating 2199. Dalam perjalanannya, pecatur 32 tahun itu mengalahkan Cahyadi, Fernanda Agus Saputra, Jesman Sijabat, Hadiyanoor dan terakhir Dicky Aditya.

Sementara GM Susanto yang memiliki rating 2548 meraih lima kemenangan masing-masing atas Woman FIDE Master (WFM) Elisabeth Christine, Susanto, Sunardi Sadeli, Internasional Masters (IM) Tarigan Gilbert Elroy dan Dziththauly Ramadhan.

Baca juga: GM Susanto belum terbendung pada JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 
Baca juga: PB Percasi bakal memperbanyak turnamen catur klasik 


Selain Surya versus GM Susanto, pertandingan tak kalah menarik juga diprediksi terjadi antara FIDE Master (FM) Sagita Catur Adi dan Hamdani Rudin yang kini menempati posisi ketiga dan keempat klasemen sementara.

FM Sagita Catur Adi saat ini mengantongi lima poin berkat kemenangan dari Dhea Safitri, Safei, Ishbaev Avazbek, Fajar Reza dan Muhammad Ishak Rianjar.

Sementara Hamdani mengoleksi 4,5 poin. Sebelumnya, dia menang atas Liuviann Cecilia Natalie, Anang Satriyadi, IM Suhendra Andi Supardi dan Syafiuddin Raden, serta meraih hasil remis saat berhadapan dengan FM Tobing Daniel Hermawan Lumban.

Hari ini, JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 akan dibuka dengan laga lanjutan, yakni pertandingan babak keenam pada pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan babak ketujuh pada sore hari.

Pemenang laga Surya versus GM Susanto dipastikan akan kokoh di puncak klasemen sementara. Namun, andai laga berakhir remis, FM Catur Adi Sagita berpotensi naik ke urutan teratas. 

Baca juga: Pecatur muda timba pengalaman pada JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 
Baca juga: PB Percasi resmi buka JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 2021 
Baca juga: Ratusan pecatur tampil pada JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 2021 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021