Kemendikbudristek tekankan pentingnya kolaborasi akademisi - industri

Kemendikbudristek tekankan pentingnya kolaborasi akademisi - industri

Tangkapan layar - Pelaksana tugas Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam di Jakarta, Senin (6/12/2021). ANTARA/Indriani.

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam menekankan pentingnya kolaborasi antara akademisi dengan industri untuk mengakselerasi kemandirian dan ketahanan industri kesehatan di Tanah Air.

“Melalui platform Kedaireka, kami mencoba menghubungkan, menggandengkan kebutuhan/permasalahan di industri dengan inovasi-inovasi di perguruan tinggi,” ujar Nizam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Nizam menjelaskan bahwa kolaborasi antara kampus dengan industri saat ini merupakan suatu kebutuhan. Melalui kolaborasi akan muncul berbagai inovasi-inovasi yang menjawab berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut Nizam menjelaskan bahwa dengan potensi dan kemampuan riset di perguruan tinggi akan membantu proses riset dan pengembangan yang dilakukan industri. Nizam melihat bahwa tidak semua industri memiliki kapasitas dalam riset dan pengembangan. Selain itu, dengan kolaborasi antara kampus dengan industri mampu mereduksi biaya riset di industri.

“Kampus memiliki laboratorium-laboratorium yang dapat dimanfaatkan oleh industri. Industri tidak harus melakukan investasi dengan biaya yang mahal untuk riset,” tambah Nizam.

Nizam mengingatkan bahwa dalam kolaborasi antara kampus dan industri diperlukan adanya komitmen dan kepercayaan dari masing-masing pihak. Tanpa hal tersebut, maka kolaborasi tidak akan pernah terwujud. Untuk itu, sebagai bentuk fasilitasi mewujudkan kolaborasi kampus dengan industri, Kemdikbudristek menyediakan dana pendamping.

“Kemdikbudristek menyediakan dana pendamping atau Matching Fund. Setiap rupiah yang dikeluarkan oleh industri akan disediakan dana pendamping dengan nominal yang sama,” kata Nizam lagi.

Nizam juga berkomitmen untuk meningkatkan alokasi anggaran untuk mengakselerasi kolaborasi kampus dengan industri dalam meningkatkan inovasi. 
Baca juga: Kemendikbudristek sebut tiga poin penting perguruan tinggi
Baca juga: Kemdikbudristek: Perguruan tinggi ciptakan SDM unggul dan inovatif
Baca juga: Mahasiswa diharapkan dapat manfaatkan program belajar di luar prodi

Pewarta : Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021