Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan seluruh operasional kereta api (KA) di wilayah setempat, khususnya dari dan menuju Daop 9 Jember tetap berjalan normal pascaletusan Gunung Semeru, dan tidak ada gangguan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Senin mengatakan seluruh sarana dan prasarana yang berada di wilayah terdekat Gunung Semeru juga terus dipantau petugas KAI untuk memastikan tidak adanya gangguan operasional.

"Sebanyak 14 perjalanan kereta api jarak jauh dari dan menuju Daop 9 Jember tidak mengalami gangguan operasional. Jarak pandang masinis masih baik dan tidak ada jalur KA yang terganggu akibat letusan Gunung Semeru," kata Luqman saat dikonfirmasi.

Menurut dia, ada 14 perjalanan KA jarak jauh dari dan menuju ke wilayah Daop 9 Jember, masing-masing KA Probowangi relasi Surabaya-Ketapang PP, KA Tawangalun relasi Malang Kota Lama - Ketapang PP, KA Sritanjung relasi Ketapang-Surabaya-Yogyakarta PP.

Berikutnya, KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Surabaya-Yogyakarta PP, KA Logawa relasi Jember-Surabaya-Purwokerto PP, KA Ranggajati relasi Jember- Surabaya-Cirebon PP, dan KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang-Surabaya-Cilacap PP.

Terkait bantuan, Luqman mengaku, hingga Minggu (5/12) PT KAI telah menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa tiga unit toilet portable dan paket sembako senilai Rp60 juta.

Paket sembako itu berupa Mi Instan, Popok, Kornet, Biskuit, Susu, dan Air Mineral untuk para korban erupsi yang membutuhkan selama masa penanggulangan bencana.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian KAI untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang," katanya.



Baca juga: Sebanyak 52 KA Lokal di Daop 8 Surabaya kembali beroperasi hari ini

Baca juga: KAI luncurkan KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen

Baca juga: Daop Surabaya mulai jalankan kembali KA Lokal per 12 Juli


.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021