Kami bergotong royong untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak letusan Semeru.
Surabaya (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya mengirim relawan dan bantuan logistik untuk korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Kami bergotong royong untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak letusan Semeru," kata Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono seusai pemberangkatan bantuan dan relawan dari Kantor DPC PDIP Surabaya, Senin.

Menurut dia, bantuan ini dihimpun dari kader dan pengurus PDI Perjuangan Surabaya, dan anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan.

Baca juga: Bank Mandiri salurkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru

Ketua Baguna DPC PDIP Surabaya Agatha Retnosari mengatakan, bantuan gelombang pertama yang dikirim ke Lumajang berupa masker, makanan biskuit, vitamin dan obat-obatan, juga ambulan.

Menurut dia, dalam beberapa hari ke depan, pihaknya juga akan mengirim lagi bantuan berupa selimut, handuk, peralatan cuci dan mandi, dan sebagainya.

"Kami gerak cepat kemarin, untuk menghimpun relawan dan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat di Lumajang yang terdampak letusan Semeru," ujar Agatha yang juga anggota DPRD Jawa Timur.

Baca juga: Muhammadiyah kirim bantuan logistik untuk korban erupsi Semeru

Aghata mengatakan relawan Baguna Surabaya yang diturunkan ke Lumajang adalah mereka yang tangkas dalam penanganan kebencanaan, di antaranya sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan SAR.

Wakil Kepala Baguna PDIP Kota Surabaya Budi Leksono berpesan, agar seluruh relawan dapat menjaga diri dengan sebaik-baiknya.

"Kami bantu warga terdampak letusan Semeru dengan mengedepankan jiwa kesukarelawan, yang penuh pengabdian kepada kemanusiaan, dan gotong royong. Hati-hati dan selalu menjaga diri dengan baik," ujarnya. 
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021