Dua wilayah Kaltim masuk zona hijau COVID-19

Dua wilayah Kaltim masuk zona hijau COVID-19

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Samarinda (ANTARA) - Kabupaten Panajam Paser Utara telah memasuki zona hijau COVID-19 dan menambah daftar zona hijau wilayah Provinsi Kalimantan menjadi dua daerah berdasarkan update kasus harian, Jumat.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan delapan wilayah Kaltim lainnya masih bertahan di zona kuning atau dengan jumlah pasien positif yang dirawat kurang dari 25 orang.

"Untuk Kabupaten Paser dan Kutai Kartanegara juga punya peluang menuju zero kasus, saat ini pasien positif di Kukar tersisa satu orang sedangkan di Paser tinggal dua orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi menjelaskan bahwa update kasus harian kali ini masih didominasi angka kesembuhan dengan adanya tambahan sebanyak 13 kasus, sedangkan kasus terkonfirmasi positif bertambah satu orang.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 73 orang

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 77 orang


Dengan adanya tambahan kasus baru tersebut menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kaltim sebanyak 158.246 kasus, sedangkan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.759 kasus.

Andi menambahkan untuk kasus meninggal dunia kembali tidak terjadi penambahan kasus sehingga jumlah keseluruhan kasus meninggal dunia akibat COVID-19 di Kaltim sebanyak 5.452 kasus.

"Sampai saat ini pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim hanya tersisa 55 orang," kata Andi.

Dia terus mengingatkan akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari dan juga turut aktif mensukseskan program vaksinasi COVID-19.

"Ingat pandemi ini belum berakhir, masyarakat harus tetap waspada, terlebih Pemerintah Pusat juga telah memberikan imbauan adanya varian virus baru Omicron yang saat ini melanda sejumlah negara, tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa vaksin," ucap Andi Muhammad Ishak.*

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 80 orang

Baca juga: Dua wilayah Kaltim berstatus zona hijau COVID-19
Pewarta : Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021