Dinkes Palembang sebut kasus COVID-19 terkendali dengan baik

Dinkes Palembang sebut kasus COVID-19 terkendali dengan baik

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang Yudhi Setiawan ANTARA/Yudi Abdullah.

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjelaskan kasus COVID-19 menjelang libur natal dan tahun baru dapat terkendali dengan baik.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang Yudhi Setiawan di Palembang, Jumat, menjelaskan berdasarkan data per 2 Desember 2021 angka kasus terkonfirmasi positif  hanya dua atau menjadi 30.398 kasus dan sebelumnya nihil.

Melihat perkembangan data harian akhir-akhir ini menunjukkan kasus terkonfirmasi COVID-19 di kota ini bisa dikendalikan dengan baik.

Dengan mendorong masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti selalu menggunakan, masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas serta penerapan PPKM level 3, lonjakan kasus COVID-19 yang dikhawatirkan terjadi pada momentum libur panjang akhir tahun bisa dihindari, katanya.

Meskipun kasus penularan COVID-19 melandai atau bisa dikendalikan, pihaknya terus berupaya melakukan tindakan antisipasi dengan selalu mengimbau masyarakat selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menerapkan prokes secara ketat.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kesiapan tenaga medis dan ruang pelayanan COVID-19 di rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Ruang pelayanan dan tempat tidur untuk pasien terinfeksi virus corona tersedia cukup banyak, dari 18 rumah sakit penyelenggara pelayanan COVID-19 di Palembang tersedia 727 tempat tidur.

Melalui upaya tersebut diharapkan masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan dari penularan COVID-19 dan tim medis rumah sakit selalu siaga membantu menyembuhkan masyarakat jika terinfeksi virus corona jenis baru itu, ujar Yudi.
Baca juga: Pemkot Palembang izinkan pesta pernikahan saat PPKM level 3
Baca juga: Tim KSP pantau penanganan COVID-19 di Palembang
Baca juga: Pemkot Palembang gencarkan vaksinasi kejar target 70 persen penduduk
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021