Pembicaraan Fed semalam tidak dapat disangkal hawkish
Sydney (ANTARA) - Dolar sedikit lebih tinggi di sesi Asia pada Jumat pagi, di tengah suasana lebih tenang karena kekhawatiran atas dampak Omicron mereda, tetapi pergerakan mata uang terhambat menjelang laporan penggajian utama AS yang dapat membuka jalan ke kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) lebih awal.

Para ilmuwan di Afrika Selatan, tempat varian Omicron pertama kali ditemukan bulan lalu, mengatakan vaksin yang ada masih akan melindungi dari penyakit parah dan kematian. Tiga kasus Omicron yang diidentifikasi di AS juga semuanya menunjukkan gejala ringan.

Di tempat lain, pejabat Fed yang berbicara pada Kamis (2/12/2021) bergabung dengan Ketua Jerome Powell dalam sikap hawkish, dengan Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan mungkin sudah waktunya untuk "mulai menyusun rencana" menaikkan suku bunga guna memerangi inflasi, dan Presiden Fed Richmond Thomas Barkin melontarkan dukungannya untuk "kebijakan normalisasi."

"Pembicaraan Fed semalam tidak dapat disangkal hawkish," kata Direktur Ekonomi National Australia Bank Tapas Strickland dalam catatan klien.

Berita utama Omicron "positif bersih" semalam, membantu sentimen risiko pulih, tetapi dengan penilaian pertama tentang kemanjuran vaksin saat ini mungkin masih sekitar satu minggu lagi, "memperkirakan volatilitas yang berkelanjutan," kata Strickland.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik tipis untuk hari ketiga, menguat 0,03 persen menjadi 96,117. Untuk minggu ini, dolar sedikit berubah, meskipun turun tajam pada Selasa (30/11/2021). Jumat pekan lalu (26/11/2021), indeks telah jatuh 0,70 persen, terbesar sejak Mei.

Baca juga: Menkeu AS: Omicron bisa memicu ancaman signifikan bagi ekonomi global

Powell menegaskan kembali dalam kesaksian kepada Kongres pada Rabu (1/12/2021) bahwa dia dan sesama pembuat kebijakan akan mempertimbangkan tindakan yang lebih cepat pada pertemuan 14-15 Desember mereka.

Para ekonom dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan Amerika Serikat menciptakan 550.000 pekerjaan baru bulan lalu, melanjutkan serangkaian data yang kuat.

Pasar uang melihat kemungkinan besar bahwa Fed akan menaikkan suku bunga acuan sebesar seperempat poin pada pertemuan Juni.

Dolar tergelincir 0,09 persen menjadi 113,10 yen pada Jumat pagi, tetapi itu terjadi setelah kenaikan 0,4 persen semalam. Euro sedikit berubah di 1,13025 dolar AS, berkonsolidasi setelah jatuh ke level terendah hampir 17 bulan di 1,1186 dolar AS minggu lalu.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko turun 0,12 persen menjadi 0,7084 dolar, merupakan penurunan sesi keempat.

Baik Bank Sentral Eropa maupun bank sentral Australia tetap pada sikap dovish, mendorong kembali terhadap taruhan pasar bahwa pembuat kebijakan akan dipaksa untuk tunduk pada tekanan inflasi.

"Kami terus memperkirakan pergerakan dolar Australia jangka pendek akan didorong oleh Omicron dan risikonya tetap di bawah 0,7000 dolar AS," tulis Ahli Strategi Commonwealth Bank of Australia Joseph Capurso dalam sebuah laporan.

Namun untuk Jumat, "pasar tenaga kerja AS menjadi pusat perhatian," dan akan menjaga pasar mata uang tetap tenang, kata Capurso.

Baca juga: Saham Australia dibuka naik, guncangan Omicron berkurang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021