Jakarta (ANTARA) - President Commerce & Fintech Bukalapak Victor Lesmana mengatakan kolaborasi dengan sejumlah penyedia jasa logistik di Indonesia dapat menghadirkan solusi yang lebih tepat sasaran.

"Di Bukalapak ini spirit kita adalah kolaborasi. Dimana kita merasa bahwa daripada kita berusaha memecahkan semua masalah itu sendiri, atau mencoba memonopoli, lebih baik kita bekerja sama. Istilahnya ya lets share the pie gitu. Dengan demikian juga solusi yang ditawarkan juga akan bisa lebih mengena," kata Victor saat diskusi daring, Selasa.

Melalui kolaborasi tersebut aplikasi Mitra Bukalapak memperkenalkan fitur Agen BukaSend yang akan memungkinkan para pelaku UMKM untuk dapat menjadi agen pengiriman barang untuk sejumlah jasa logistik seperti SiCepat Ekspres, J&T Express, Lion Parcel, Ninja Xpress, Anteraja dan Grab.

Senior Sales Manager E-Commerce dari SiCepat Vonny Rayau juga mengatakan bahwa kolaborasi antara pihaknya dengan BukaSend dapat semakin memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia terkait pengiriman barang.

“Sebagai salah satu perusahaan logistik tanah air yang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia akan pengiriman barang yang cepat dan aman, SiCepat melihat kerjasama dengan BukaSend sebagai perwujudan komitmen tersebut," tutur Vonny.

Baca juga: Grab, Emtek, dan Bukalapak resmikan program #KotaMasaDepan

"Misi dari Mitra Bukalapak untuk membantu teman-teman UMKM yang tergabung di Mitra Bukalapak melalui fitur agen BukaSend ini juga menjadi nilai tambah bagi kami sebagai mitra rekanan BukaSend," sambungnya.

Setelah bisa menyediakan stok barang dengan lebih efisien serta menambah berbagai layanan lainnya seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, dan penjualan voucher gaming, kini 8.7 juta Mitra Bukalapak, yang terdiri dari warung dan agen individu, dapat menjadi agen pengiriman barang hanya dengan melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut.

Dengan menjadi Agen BukaSend, para Mitra Bukalapak membantu menghubungkan para penyedia jasa logistik rekanan BukaSend ke jutaan titik penjemputan barang tanpa harus berinvestasi dalam jumlah besar untuk menyediakan gudang dan multi mode transportasi. Di sisi lain, para Mitra Bukalapak yang menjadi Agen BukaSend juga dapat meraih penghasilan tambahan dari layanan ini.

"Tentunya harapan kami adalah supaya penjangkauan dari aplikasi Mitra Bukalapak dan fitur BukaSend ini bisa semakin besar, dan bisa semakin banyak UMKM maupun pengguna yang bisa mendapatkan manfaat dari fitur BukaSend ini," tutup Victor.

Baca juga: Berdayakan UMKM, Bukalapak kenalkan fitur BukaSend

Baca juga: Bukalapak luncurkan aplikasi BukuMitra untuk bantu pembukuan UMKM

Baca juga: Kemenkop UKM dan Bukalapak buat program pemulihan ekonomi nasional

 

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021