Mendes PDTT minta para pemangku kepentingan desa kawal Dana Desa

Mendes PDTT minta para pemangku kepentingan desa kawal Dana Desa

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) menerima audensi Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat di Jakarta, Senin (29/11/2021). (ANTARA/HO-Kemendes PDTT)

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta para pemangku kepentingan desa bersama-sama mengawal dan mengawasi pemanfaatan Dana Desa (DD).

"Saya berharap kawal betul pemanfaatan Dana Desa, supaya searah dengan strategi pembangunan desa, dan masyarakat harus dapat merasakan betul Dana Desa itu, oleh karena itu butuh didampingi, Musyawarah Desa itu perdebatan data bukan berdebat saya ingin ini dan itu lagi," ujar Mendes PDTT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Ia mengatakan, pendataan SDGs Desa sedang dilakukan di seluruh desa di Indonesia. Data yang didapatkan akan menjadi pedoman untuk menemukan masalah dan potensi dalam pembangunan desa.
  
"Prinsip pendampingan adalah data, ketika data lengkap kita akan tahu peta kemiskinan tertinggi dimana, dana desa dioptimalkan dimana" kata Mendes PDTT saat menerima kunjungan kerja Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar hari ini.

Sementara itu, Bupati Rusma melaporkan, sebanyak 82 desa di Kabupaten Pesisir Selatan sudah memanfaatkan Dana Desa dengan maksimal.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rusma juga menyampaikan persiapan upacara puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke-71 yang bakal digelar pada Minggu 12 Desember 2021 mendatang.

Dalam pembahasan persiapan upacara itu, Gus Halim mengusulkan adanya pameran BUMDes, pameran produk-produk warga transmigran dan penyerahan bantuan.

Baca juga: Mendes sebut dokumentasi kegiatan desa merupakan hal penting
Baca juga: Mendes PDTT puji program "Satu Miliar Satu Desa" Bupati Bogor
 
Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021