Jakarta (ANTARA) - Telkomsel, bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group, meluncurkan solusi keamanan digital IoT Sphere untuk segmen perusahaan agar mereka bisa menjaga kinerja perusahaan.

"Dengan menghadirkan Telkomsel IoT Sphere, kami berupaya membuat aset IoT yang dimiliki perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman seperti virus maupun gangguan berbahaya lainnya dengan mekanisme yang praktis," kata Vice President Internet of Things Telkomsel, Alfian Manulang, dalam siaran pers, dikutip Kamis.

Layanan IoT Sphere bertujuan memberi perlindungan optimal pada aset dan jaringan yang sangat rentan pada berbagai serangan siber. Salah satu yang dilindungi adalah jaringan pelanggan dari segala ancaman dan eksploitasi.

Ketika keamanan jaringan dan aset terjamin, perusahaan bisa mempertahankn efektivitas dan produktivitas.

IoT Sphere memiliki fitur "just on click" untuk konfigurasi platform dengan akses visual interaktif yang sederhana dan dukungan sistem monitoring ancaman yang terperinci.

Layanan ini juga berisi fitur "security and threats protection, basis data jenis virus, malware dan ancaman lainnya. Basis data bisa diintegrasikan agar platform secara otomatis bisa memberikan tindakan pencegahan yang tepat.

Fitur "device agnostic" memungkinkan platform bisa diaplikasikn ke semua perangkat maupun aplikasi, didukung dengan "end device protection" dan sistem monitoring ancaman yang intrusif.

Pada fitur "routing and filtering", pengguna bisa memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan sistem filtering yang kuat agar keamanan koneksi data tetap terjaga.

Telkomsel IoT Sphere bisa diaplikasikan pada beragam kebutuhan keamanan lintas sektor industri. Menurut Telkomsel, layanan ini juga bisa digunakan oleh perbankan dengn memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan ATM dari serangan siber, misalnya phishing.

Telkomsel juga menyasar sektor layanan publik untuk menggunakan sistem keamanan cloud IoT Sphere untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitif.

Perusahaan rintisan penyedia layanan dompe digital juga bisa menggunakan layanan ini untuk meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin EDC.

Baca juga: Analis prediksi investasi Telkomsel di GoTo akan makin menguntungkan

Baca juga: Analis: Masuknya investor asing bantu ekonomi digital makin tumbuh

Baca juga: Telkomsel luncurkan platform kesehatan Fita

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021