Jakarta (ANTARA) - Liverpool menjaga catatan sapu bersih kemenangan di Grup B Liga Champions saat membungkam Porto dengan skor 2-0 di Stadion Anfield, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Gol-gol yang dicetak Thiago Alcantara dan Mohamed Salah ke gawang Porto memastikan Liverpool meraih lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah mereka jalani di Grup B.

Liverpool mantap di puncak klasemen Grup B dengan raihan 15 poin penuh, sementara Porto tertahan di posisi kedua dengan lima poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Juergen Klopp menerapkan rotasi cukup banyak dalam susunan pemainnya dengan menempatkan Takumi Minamino dalam trisula lini depan serta memberi kesempatan talenta muda Tyler Morton melakoni debut di Liga Champions.

Baca juga: Liverpool pastikan lolos sebagai juara Grup B usai bungkam Atletico

Bahkan, gelandang berusia 19 tahun yang baru melewati momen serupa di Liga Inggris akhir pekan lalu itu dipercaya untuk tampil 90 menit penuh.

Mengusung misi untuk mengunci kelolosan ke babak 16 besar, Porto tampil agresif membombardir pertahanan tuan rumah sejak sepak mula, sayang dua peluang bagus gagal dioptimalkan Mehdi Taremi dan Otavio.

Setelah sukses meredam agresivitas Porto, Thiago membuat lini belakang tim tamu kecolongan dan Sadio Mane menyarangkan bola ke dalam gawang pada menit ke-37, sayang gol itu belakangan dianulir oleh VAR karena offside.

Baca juga: Manchester City bekuk PSG, tapi keduanya lolos ke babak 16 besar

Liverpool tampil lebih tajam di babak kedua dan hasilnya pada menit ke-52 Thiago membuka keunggulan tuan rumah lewat sambarannya atas bola muntah hasil sapuan Chancel Mbemba atas tendangan bebas Alex Oxlade-Chamberlain.

Enam menit berselang, Porto nyaris menyamakan kedudukan tetapi kiper Alisson Becker sigap mengamankan gawang Liverpool dari tembakan sudut sempit Luis Diaz.

Liverpool kembali mendapati gol mereka dianulir oleh VAR setelah Takumi Minamino dinyatakan sudah terjebak offside saat menyambar bola liar tembakan Mane pada menit ke-62.

Delapan menit kemudian, Salah menggandakan keunggulan Liverpool dengan ketenangannya mengendalikan umpan sodoran Jordan Henderson sebelum memperdaya kiper Diogo Costa di area tiang dekat.

Keunggulan 2-0 bertahan hingga bubaran dan Liverpool membuka peluang untuk mencatatkan sapu bersih pertama mereka di grup Liga Champions.

Rangkaian pertandingan terakhir Grup B dijadwalkan berlangsung pada 8 November nanti, saat Porto menjamu Atletico di Stadion Dragao dan Milan menanti kedatangan Liverpool di San Siro.

Baca juga: Menang tipis 2-1 atas Besiktas, Ajax nyaman di puncak klasemen Grup C

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021