Jakarta (ANTARA) - Klub besar Liga Inggris Manchester United dilaporkan telah menghubungi Ernesto Valverde sebagai calon pelatih anyar The Red Devils seusai memecat Ole Gunnar Solskjaer pada beberapa waktu lalu.

Dikutip dari jurnalis asal Italia Fabrizio Romano melalui akun Twitternya @FabrizioRomano, Rabu, Manchester United sudah melakukan kontak langsung kepada Ernesto Valverde pada Selasa (23/11).

Fabrizio Romano menjelaskan hingga kini belum ada keputusan yang terjadi, Ernensto Valverde menjadi satu di antara kandidat pelatih anyar Manchester United jika Mauricio Pochettino tidak bisa meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG).

Baca juga: MU pecat Solskjaer, solusi atau masalah baru?
Baca juga: Tak mau dikait-kaitkan dengan MU, Pochettino tegaskan PSG prioritasnya


Meskipun begitu, Ernesto Valverde hanya akan menjadi pelatih sementara Manchester United jika pada akhirnya gagal mendapatkan pelatih permanen seperti Mauricio Pochettino atau Brendan Rodgers.

"Direksi Manchester United sudah melakukan kontak langsung dengan mantan manajer Barca Ernesto Valverde hari ini. Belum ada keputusan yang dibuat, dia adalah satu di antara lima kandidat yang ada di daftar jika Mauricio Pochettino tidak diperbolehkan meninggalkan Paris Saint-Germain," cuit Fabrizio Romano.

"Lebih jelasnya, Ernesto Valverde hanya akan dianggap sebagai opsi 'sementara', jika Manchester United tidak dapat menunjuk manajer permanen saat ini seperti Pochettino atau Rodgers," sambungnya.
Manchester United diketahui berkeinginan untuk mendatangkan Mauricio Pochettino untuk menggantikan posisi pelatih kepala yang ditinggalkan oleh Ole Gunnar Solskjaer yang sebelumnya dipecat usai kalah dari Watford pada akhir pekan lalu.

Dilaporkan keinginan Manchester United ini terganjal oleh kontrak yang dimiliki Mauricio Pochettino dengan Paris Saint-Germain yang masih memiliki durasi hingga Juni 2023 mendatang.

Manchester United selanjutnya mempertimbangkan untuk mendatangkan Ernesto Valverde sebagai pelatih sementara hingga akhir musim mendatang jika tidak bisa menunjuk pelatih tetap dalam waktu dekat.

Baca juga: Solskjaer bangga tinggalkan United dalam kondisi lebih baik
Baca juga: Valverde dipecat Barcelona, Pochettino dan Setien siap jadi pengganti


Diketahui Ernesto Valverde hingga kini tidak belum pernah melatih klub mana pun setelah dipecat Barcelona ketika berada di puncak klasemen sementara Liga Spanyol musim 2019/2020 pada Januari 2020 yang lalu.

Pelatih berusai 57 tahun itu sejauh ini berhasil mengantarkan Barcelona meraih dua gelar Liga Spanyol dan satu Copa del Rey sepanjang dua setengah tahun menukangi Blaugrana.

Selain pernah melatih Barcelona, Ernesto Valverde juga tercatat pernah melatih Athletic Bilbao, Villarreal, Valencia, Espanyol dan Olympiakos.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021