Hujan lebat berpotensi terjadi di timur Indonesia, berisiko banjir

Hujan lebat berpotensi terjadi di timur Indonesia, berisiko banjir

ilustrasi - Citra satelit cuaca di Indonesia yang dilaporkan BMKG untuk situasi prakiraan cuaca, Rabu (24/11/2021). ANTARA/HO-BMKG/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di sejumlah daerah wilayah timur Indonesia dan memiliki risiko menyebabkan banjir atau banjir bandang.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu, wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat antara lain Sulawesi, Nusa Tenggara timur, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga memberi peringatan untuk mewaspadai potensi terdampak banjir di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tengah.

Baca juga: BMKG: Sepanjang Oktober, 82.396 sambaran petir terjadi di Sumba-NTT
Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang dan petir di Sumut

Secara keseluruhan wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca berawan hingga hujan sedang pada siang dan malam hari. Namun ada beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hari yaitu Samarinda, Mataram, dan Kupang. Sedangkan wilayah dengan potensi hujan disertai kilat atau petir pada malam hari yaitu Samarinda, Bandar Lampung, dan Semarang.

Baca juga: BMKG: Siklon Tropis Paddy sudah punah
Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021