Bantul (ANTARA) - Kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menurun hingga Sabtu tinggal 84 orang, menyusul pasien sembuh mendominasi dibanding kasus terkonfirmasi.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul di Bantul, Sabtu, kasus konfirmasi bertambah 10 orang, sementara kasus konfirmasi sembuh 19 orang, sedangkan kasus konfirmasi meninggal nol orang atau tidak ada penambahan kasus.

Dengan perkembangan kasus harian itu, maka total kasus positif COVID-19 di Bantul secara kumulatif menjadi 57.257 orang, dengan angka kesembuhan mencapai 55.604 orang, kemudian kasus kematian karena virus corona masih tetap 1.569 orang.

Baca juga: Satgas COVID Yogyakarta temukan satu kasus dari Klaster Sedayu Bantul
Baca juga: Sultan HB X pastikan kluster COVID-19 di Bantul tidak semakin melebar

Dengan demikian, jumlah kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi maupun karantina di selter maupun rumah sakit wilayah Bantul per hari Sabtu (20/11) tinggal 84 orang.

Kasus isolasi itu berdasarkan domisili tersebar di 16 dari total 17 kecamatan se-Bantul, dengan terbanyak dari Sedayu 12 orang, dan Sewon 11 orang, sedangkan kecamatan dengan jumlah terendah yaitu Pleret dan Dlingo masing-masing satu orang.

Ketua Harian Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, Joko Purnomo mengatakan, capaian vaksinasi di Bantul untuk dosis pertama telah mencapai 82.78 persen, dan dosis kedua mencapai 78 persen dari jumlah total sasaran vaksinasi sekitar 824 ribu orang.

"Saya berharap pada Desember nanti capaian vaksinasi di Kabupaten Bantul bisa mencapai 94 persen, sehingga kekebalan komunitas akan dapat segera terbentuk yang muaranya kita dapat terbebas dari pandemi," katanya.

Meski begitu, Satgas COVID-19 terus mengajak masyarakat agar memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan pola hidup bersih dan sehat, dan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Baca juga: Lima kecamatan di Bantul tidak terdapat kasus positif COVID-19
 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021