Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwal Kamil mencoba naik ke atas bukit yang viral untuk melihat balapan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Bukit di Dusun rangkap depan Sirkuit Mandalika itu viral setelah foto warga nonton dari atas bukit untuk menyaksikan balapan motor pada Asian Talent Cup (IATC), Ahad lalu.

"Allah SWT kasih bukit di depan Sirkuit Mandalika agar warga bisa menyaksikan balapan. Ternyata kelihatan juga dari sini dan bagus," kata Gubernur Jabar, Ridwal. Kamil di Praya, Lombok Tengah, Jumat.

Ia mengatakan Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok ini merupakan sirkuit terkeren dan memiliki fasilitas paling terbaik.

Baca juga: Penonton WSBK jalani prokes COVID-19 ketat sebelum ke sirkuit

Baca juga: Toprak Razgatlioglu dominasi dua sesi latihan bebas WSBK


"Sirkuit Mandalika ini keren, dan ternyata bagus juga dilihat dari atas bukit ini," katanya.

Penyelenggara ajang balap IATC dan WSBK ini digelar setelah kasus COVID-19 turun, antusiasme warga NTB menyambut balapan di sirkuit ini sangat besar.

"Karena harga tiket yang terlalu tinggi banyak warga tidak bisa masuk. Tetapi warga bisa melihat balapan dari atas bukit ini," katanya.

Ridwan Kamil berharap dengan adanya Sirkuit Mandalika di area destinasi wisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan membawa dampak bagi masyarakat.

"Semoga Mandalika ini bisa maju, yang penting warga bawah bisa sejahtera," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyak peluang yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dari adanya sirkuit ini, seperti peningkatan ekonomi dari makanan, jasa transportasi, jasa penginapan dan kuliner serta cenderamata atau oleh-oleh.

"Semoga sirkuit ini bisa bermanfaat bagi masyarakat NTB," katanya.*

Baca juga: Mataram dukung kelancaran WSBK dengan siaga personel di gerbang kota

Baca juga: Jelang WSBK, Sirkuit Pertamina Mandalika lulus Homologasi FIM

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021