Manado (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sebagai Kota Toleransi se-Indonesia dengan penandatanganan prasasti di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara, Jumat.

Penandatanganan tersebut dilakukan usai Wapres membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat.

"Dengan ini, saya resmikan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi Indonesia," kata Wapres Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan potensi kemajemukan masyarakat Indonesia harus terus dirawat, dengan beragam latar belakang agama, suku, adat dan budaya, membuat Indonesia merumuskan Pancasila.

Para pendiri bangsa atau founding fathers telah merumuskan Pancasila tersebut sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan atau konsensus nasional, kata Wapres.

Baca juga: Ma'ruf Amin lakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara

Baca juga: Wapres ingatkan tantangan FKUB semakin berat di era digital


"Kesepakatan tersebut dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran dan tidak egois, serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing," tuturnya

Wapres juga meminta semua pihak, khususnya masyarakat dan Pemerintah Kota Tomohon, untuk terus merawat toleransi sebagai upaya mewujudkan keutuhan bangsa Indonesia.

"Sikap-sikap positif harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia, yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita, khususnya kalangan milenial, generasi Z dan generasi yang lebih belia lagi," ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan survei Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dua kota di Provinsi Sulawesi Utara masuk dalam jajaran 10 Kota Paling Toleran di Indonesia Tahun 2020.

Dua kota tersebut ialah Manado di urutan ketiga, dengan skor 6.200, dan Kota Tomohon di urutan keempat, dengan skor 6.183.

Penghargaan tersebut merupakan yang kedua kalinya diraih Kota Tomohon setelah 2018; dan untuk Kota Manado menjadi keempat kalinya sejak 2015.

Delapan kota lain yang masuk sebagai Kota Paling Toleran di 2020 tersebut ialah Salatiga, Singkawang, Kupang, Surabaya, Ambon, Kediri, Sukabumi dan Bekasi.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021