tujuh orang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini
Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman menyatakan pasien COVID-19 yang sembuh di Sulteng mencapai 45.451 orang.


"Hari ini lima pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh berdasarkan hasil tes usap (swab) terakhir, sehingga secara kumulatif total pasien COVID-19 yang sembuh di Sulteng hingga saat ini berjumlah 45.451 orang," katanya di Kota Palu, Kamis petang.
 

Ia menerangkan lima pasien COVID-19 yang telah sembuh itu berada di sejumlah daerah yakni tiga orang di Kabupaten Sigi, satu orang di Kabupaten Buol dan Kota Palu.
 

Mereka yang sudah sembuh telah diizinkan pulang, namun harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat agar tidak kembali terpapar.

  "Sementara itu tujuh orang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini meliputi dua orang di Poso, satu orang di Banggai Kepulauan, Donggala, Sigi, Tolitoli dan Palu," ujarnya.

​​​​​​Baca juga: Patroli disiplin penerapan prokes digencarkan di Sulteng
Baca juga: Pasien aktif COVID-19 di Sulteng tersisa 53 orang

 

Sehingga secara kumulatif, lanjutnya, sampai saat ini sudah 47.106 orang yang terpapar COVID-19. Kemudian total pasien COVID-19 yang meninggal dunia sampai saat ini berjumlah 1.599 orang.
 

"Adapun 56 pasien COVID-19 saat ini menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat," terangnya.

  Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

  Selain itu, warga diimbau tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat.

  "Pencegahan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.


Baca juga: Seluruh daerah di Sulawesi Tengah keluar dari zona orange COVID-19
Baca juga: Gubernur Sulteng minta bupati dan wali kota fokus percepatan vaksinasi
Baca juga: Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Sulteng capai 96,49 persen

 

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021