kondisi jalan yang sangat licin dan sempit
Gorontalo (ANTARA) - Ribuan liter minyak sawit tumpah di Lintas Sulawesi, jalur Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, AKBP Dicky Irawan Kesuma, mengatakan, insiden tersebut menyebabkan antrean panjang lebih dari 3 kilometer dari dua arah.

Mengingat pihaknya hanya membuka satu jalur arus lalu lintas dari dan ke Gorontalo melewati kawasan puncak Desa Pontolo.

"Jika tidak, dikhawatirkan akan banyak kendaraan terguling akibat kondisi jalan yang sangat licin dan sempit," katanya.

Insiden bermula akibat adanya truk bermuatan batu yang mogok di tengah jalan menyebabkan kendaraan lainnya sulit melintas.

Baca juga: Tiga siswa Riau meninggal ditabrak truk CPO

Namun pengemudi mobil tanki Crude Palm Oil (CPO) minyak sawit dari arah Paguyaman, Kabupaten Gorontalo tujuan Bitung, Sulawesi Utara, tiba-tiba muncul hendak melintasi jalur turunan di puncak Pontolo.

Pengendara tanki CPO berupaya melintas namun naas bagian belakang tanki menghantam bagian belakang truk batu menyebabkan katup tanki terbuka dan menumpahkan sekitar 5 ribu liter minyak sawit.

Pihaknya kata Dicky, menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas di Puncak Pontolo, mengingat jalan menjadi sangat licin dan rawan menimbulkan kecelakaan.

Beberapa pengendara yang nekat, kendaraannya hampir terguling akibat jalan yang sangat licin, apalagi minyak masih terus tumpah karena kebocoran tanki tidak dapat diperbaiki pengendara, ditambah lagi mobil tanki sepanjang 12 meter itu berisiko untuk dievakuasi.

Namun truk bermuatan batu telah berhasil dievakuasi dari lokasi.

Pihaknya kata Dicky lagi, meminta pengendara mobil tanki minyak sawit dan truk batu, untuk segera mengatasi kondisi tersebut, mengingat tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas menjadi sangat tinggi.

Keduanya perlu bertanggungjawab akibat kelalaian yang ditimbulkan, katanya.

Baca juga: Truk angkut CPO terbalik di Sibolangit Sumut
Baca juga: 2 meninggal, kecelakaan kapal rombongan kunjungan Bupati Buton Selatan.
Baca juga: Mobil dokter tabrak truk di Palembang, satu meninggal dunia

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021