Jakarta (ANTARA) - PT Wuling Motors (Wuling) berencana untuk membawa kendaraan listrik mereka pada tahun depan yang menggunakan platform dari GSEV (Global Small Electric Vehicle).

"Kami mohon doanya untuk bisa membawa kendaraan dengan platform GSEV kami ke Indonesia," ungkap Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko pada saat acara Media Briefing GSEV di Tangerang, dikutip Rabu.

Peredaran kendaraan listrik yang belum signifikan di Indonesia menjadi tantangan sendiri bagi produsen otomotif terlebih di Indonesia. Banyak yang mengkhawatirkan keselamatan baterai yang menjadi fitur utama pada kendaraan tersebut.

Dalam hal ini, dia menyebutkan bahwa tingkat keamanan baterai yang ada di kendaraan listriknya sudah melalui berbagai tingkat pengujian. Sehingga dia mengklaim kendaraan Wuling sudah sangat aman digunakan di berbagai kondisi.

"Banyak masyarakat yang memang mengkhawatirkan tingkat keamanan dari baterai di mobil listrik. Untuk kendaraan listrik kami (dengan platform GSEV) sudah diuji di berbagai kondisi dan juga cuaca," kata dia.

"Kita sudah mengujinya mulai dari temperatur yang ekstrim baik rendah maupun tinggi, impact benturan, komponen yang juga sudah tahan air," jelas dia.

Pengujian ini juga sebagai bentuk persyaratan jika sebuah perusahaan akan meluncurkan sebuah kendaraan listrik sehingga para konsumen dapat merasakan berkendara menjadi aman dan nyaman.

Di negara asalnya, Wuling yang menggunakan platform GSEV hingga September 2021, sudah terjual lebih dari 47.800 unit.

"Sebanyak 72 persen didominasi milenial dan Generasi Z dan ada juga mereka yang menjadikan kendaraan mobil ini sebagai mobil kuda mereka," kata Danang.

Baca juga: Wuling turut berkontribusi dalam kompetisi LKS SMK 2021

"Di China, kendaran kita banyak digunakan oleh pemerintah untuk kendaraan siaga pemadam kebakaran, sampai mobil logistik driverless," ucap dia.

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, Vice President of Wuling Motors, Han Dehong mengungkapkan bahwa pengenalan platform GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan langkah nyata Wuling untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan.

"Inisiatif ini merupakan bentuk keseriusan Wuling di industri otomotif, serta mengambil peran dengan turut serta menghadirkan kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia dalam waktu dekat," kata Han Dehong.

Meski berukuran kompak, mobil itu juga tidak mengurangi semua aspek yang ada di dalam mobil-mobil besar. Fitur keselamatan juga cukup lengkap yang ada di mobil ini.

"Platform GSEV ini memiliki empat aspek, Small and Spacious, Suitable For Daily, Smart dan Safe," kata Danang.

Salah satu dari empat aspek ini yang terpenting adalah keselamatan, di mana mobil itu sudah ditanamkan berbagai teknologi mutakhir untuk memberikan rasa yang aman bagi pengendaranya mulai dari IOV, ADAS, cruise control, electronic stability control, auto parking yang bisa dikontrol oleh smartphone.

Selain itu, teknologi seperti Voice Command juga turut hadir untuk memberikan kemudahan bagi pengendaranya saat sedang berkendara.

Kesiapan after sales

Dalam kesempatan yang berbeda, Aftersales Director Wuling Motors, Taufik S. Arief mengatakan bahwa perusahaan sedang melakukan penyesuaian untuk menyambut kendaraan kompak berbasis baterai pada tahun depan.

"Kami mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut hal-hal kedatangan kendaraan yang menggunakan platform GSEV tahun depan, terlebih dalam hal aftersales," kata Taufik S Arief di Tangerang.

Dalam hal ini dia menjelaskan bahwa persiapan yang sedang berlangsung ini adalah persiapan perlengkapan yang nantinya akan dibutuhkan konsumen pada saat melakukan service kendaraan listrik mereka yang perlakuannya berbeda dengan mobil-mobil konvensional.

Selain itu, penyesuaian terhadap tipikal pengguna kendaraan listrik juga menjadi poin penting untuk dipersiakan. Mengingat tipikal pengendara mobil listrik ini memiliki lifestyle yang berbeda dengan para pengguna mobil konvensional.

"Tipikal pengguna kendaraan ini menurut riset yang kita lakukan ini berbeda, sehingga harus ada juga penyesuaian untuk itu agar mereka semakin nyaman nantinya," tutur dia.

Hingga saat ini, Wuling sudah memiliki beberapa line up yang menggunakan platform GSEV seperti E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV.

Baca juga: Wuling makin memperkuat layanan purna jual

Baca juga: Mobil Wuling dengan platform GSEV akan sasar konsumen muda

Baca juga: Wuling persembahkan webseries drama komedi "Mendadak Reuni'
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021