kita mau jaringan JakWifi diperluas lagi
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino mengharapkan jaringan JakWifi agar dapat diperluas lagi sehingga masyarakat mendapat layanan internet yang lebih optimal.

"Jadi bagaimana bisa go digital kalau tidak ada bantuan dari pemerintah. Dengan adanya JakWifi sangat amat bermanfaat, untuk masyarakat dan komunitas. Makanya kita mau jaringan JakWifi diperluas lagi, diperlebar lagi dan dioptimalkan. Sehingga tidak ada lagi gangguan seperti sinyalnya terhambat," kata Politisi Partai Nasdem itu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Jaringan JakWifi yang diperuntukkan untuk pendidikan dan perekonomian, kata Wibi, mesti dicermati para orang tua agar anak mereka tidak salah memanfaatkannya.

Karena itu, dia meminta para orang tua mengawasi penggunaan jaringan internet gratis itu dengan baik.

Dia juga mengatakan bahwa pengawasan itu tidak hanya dari orang tua saja namun, pemerintah perlu melakukan filterisasi konten yang dapat diakses melalui jaringan JakWifi sehingga pemanfaatannya hanya pada proses pembelajaran dan usaha.

Baca juga: Internet gratis Jakwifi dari Kominfotik DKI bantu siswa belajar daring

"Makanya jangan juga menyerahkan ke orang tua, tugas pemerintah melakukan filterisasi bekerja sama dengan Kemenkominfo dan Diskominfotik. Dengan begitu JakWifi digunakan untuk belajar dan usaha. Karena konten dewasa harus dibatasi sekali. Terlebih merebak konten pornografi, bahkan radikalisme, ataupun hal berbahaya lain bagi anak kita," kata dia saat reses di Kelurahan Kramat Pela Kebayoran Baru.

Ketua Rukun Tetangga 014/RW 09 Kramat Pela, Saiful Hikmat, mengharapkan perluasan jaringan akses internet dapat dilakukan agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Ia menuturkan hadirnya JakWifi banyak membantu pelajar dalam proses belajar di rumah. Tidak hanya untuk belajar, sebagian warga disebut Saiful juga menggunakan jaringan JakWifi untuk memasarkan barang dagangannya.

"Kalau dibilang membantu, ya sangat membantu, tapi bukan juga kita lupa mengumbar (membiarkan) anak-anak kita. Ya diharapkan dari orang tua agar anaknya memanfaatkan jaringan untuk digunakan sebaiknya," katanya.

Kepala Seksi Sistem Informasi Siber Sandi Suku Dinas Kominfotik Jakarta Selatan R Fauzy menuturkan, masyarakat Jakarta patut berbahagia dengan mengikuti proses transformasi digital yang sedang berlangsung di Ibu Kota.

Baca juga: DPRD harapkan Pemprov DKI sempurnakan layanan JakWifi

Fauzy mengatakan saat ini pihaknya tengah mencari solusi agar jangkauan JakWifi dapat terdistribusi secara luas.

"Kami menempatkan JakWifi ditempatkan di area publik, artinya di tempat musyawarah masyarakat, artinya kita fasilitasi. Namun kalau masuk ke jangkauan misalnya ke rumah, di kamar, kan terhalang tembok. Ini sedang kami cari solusi agar jangkauannya lebih panjang lagi," tutur dia.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021