Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Prancis mengubur asa Finlandia mendapatkan tiket fase playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa setelah meraih kemenangan 2-0 atas lawannya itu dalam laga pemungkas Grup D di Stadion Olimpiade Helsinki, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil tersebut memberi keuntungan bagi Ukraina, yang dalam pertandingan lain mengalahkan Bosnia-Herzegovina 2-0, untuk naik ke posisi kedua klasemen akhir Grup D dan merebut jatah playoff, demikian catatan laman resmi UEFA.

Di Helsinki, Finlandia sebetulnya nyaris memimpin semenit jelang turun minum ketika Urho Nissila mengirimkan umpan sepak pojok sempurna ke tengah kotak penalti tapi sundulan Leo Vaisanen malah melenceng dari sasaran.

Kegagalan harus dibayar mahal, sebab pada menit ke-66 Karim Benzema memecahkan kebuntuan dan membawa Prancis memimpin.

Ironisnya, Vaisanen yang gagal mencetak gol untuk Finlandia tampak "membantu" Prancis memperoleh keunggulan, sebab bola tembakan Benzema terlebih dulu mengenai bek Elfsborg itu sebelum berbelok dan melesat memperdaya kiper Lukas Hradecky.

Asa Finlandia untuk memperoleh tiket playoff kian tergerus ketika sepuluh menit kemudian giliran Kylian Mbappe yang mencetak gol untuk Prancis setelah memenangi adu lari dengan Vaisanen demi menerobos dari sisi sayap kiri dan menaklukkan Hradecky menggunakan sepakan kaki kanannya.

Baca juga: Gulung Kazakhstan 8-0, Prancis lolos ke putaran final Piala Dunia 2022

Bersamaan dengan kegagalan Finlandia memperoleh poin tambahan, Ukraina sukses mengalahkan Bosnia dengan skor 2-0 dalam lawatan ke Zenica.

Oleksandr Zinchencko membuka keunggulan Ukraina pada menit ke-59 dengan sontekan jarak dekat memanfaatkan situasi sepak pojok.

Lantas pada menit ke-79 sebuah serangan balik cepat berujung umpan terobosan dari Mykola Shaparenko yang diselesaikan sempurna oleh Artem Dovbyk untuk melesakkan bola ke pojok kiri bawah gawang tuan rumah.

Hasil-hasil itu membuat Prancis, yang sudah lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, menutup fase kualifikasi mereka dengan relatif meyakinkan dan menjuarai Grup D berbekal raihan 18 poin.

Sementara itu, Ukraina mengumpulkan 12 poin dan mampu menyalip Finlandia (11) untuk finis di posisi kedua serta berhak tampil di fase playoff memperebutkan tiga sisa tiket zona Eropa.

Ukraina baru akan mengetahui lawan mereka di salah satu semifinal playoff pada 26 November nanti, untuk rangkaian pertandingan yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan.

Baca juga: Belanda akhirnya lolos ke Qatar, Turki ikut fase playoff
Baca juga: Swiss rebut tiket otomatis Piala Dunia 2022, Italia harus ikut playoff
Baca juga: Alvaro Morata antar Spanyol ke putaran final Piala Dunia 2022
Baca juga: Jerman sikat Armenia tutup kualifikasi Piala Dunia 2022

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021