Saya melihat kreatifitas masyarakat Indonesia sangat besar dan kuat. Ini merupakan intangible resource yang sangat berharga...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi pengembangan desain produk industri lewat Indonesia Good Design Selection (IGDS) yang bertujuan untuk mendorong penguatan nilai, karakter, dan kualitas produk.

"IGDS ke-18 kali ini mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter dengan harapan mampu mencerminkan karakter kuat berbagai jenis industri di Indonesia, di antaranya kerajinan, furnitur dan home decor, alat kesehatan dan keselamatan, serta alas kaki, dan aksesoris fesyen," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa.

Penghargaan IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan/atau perusahaan industri.

Baca juga: Kemenperin pacu IKM bikin desain produk yang menarik lewat kompetisi

Pada kesempatan tersebut Menperin mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan yang telah melalui rangkaian seleksi untuk akhirnya ditetapkan sebagai pemenang.

Penghargaan IGDS 2021 diberikan atas dua kategori yaitu Design Product untuk produk jadi dan Design Concept untuk konsep produk.

Pada kategori Design Product terdapat lima jenis penghargaan yaitu Grand Award, Best 3, People’s Choice, Best 20, dan Good Design. Sementara pada kategori Design Concept terdapat dua jenis penghargaan yaitu Grand Award dan Best 3.

Menperin Agus berharap IGDS dapat mempercepat peningkatan kualitas dan manfaat produk serta mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal, yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan.

Baca juga: Lewat kompetisi, Kemenperin lahirkan produk industri kualitas tinggi

Diketahui, perjalanan panjang IGDS telah menghadirkan khasanah desain produk industri Indonesia. Sejak pertama kali digulirkan pada 2001 pesertanya tiap tahun terus meningkat dan pada tahun 2021 ini sebanyak 361 karya.

"Saya melihat kreatifitas masyarakat Indonesia sangat besar dan kuat. Ini merupakan intangible resource yang sangat berharga bagi Indonesia dengan nilai ekonomi yang sulit dideskripsikan," ujar Menperin Agus.

Untuk mengoptimalkan peluang tersebut, lanjut Menperin, dibutuhkan kolaborasi yang intensif antara pemerintah, desainer, dan industri.

"Saya menyambut baik dan berterima kasih atas kerja sama dan bantuan dari asosiasi-asosiasi desainer Indonesia dan Taiwan Design Research Institute pada gelaran IGDS 2021 ini," kata Menperin.

Menperin berharap di tahun mendatang kolaborasi antar-stakeholder desain produk industri dapat lebih erat dan semakin memberikan nilai tambah dalam peningkatan daya saing produk industri.

Baca juga: Kemenperin kembali gelar kompetisi IGDS, pendaftaran mulai 4 Maret

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021