Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan peringatan dini perkiraan cuaca ekstrem di Jabodetabek berupa hujan lebat dan berpotensi terjadi banjir, pada Senin dan Selasa, 15-16 November 2021.
 
Dikutip dari akun instagram BPBD DKI Jakarta, Minggu, cuaca ekstrem itu diperkirakan terjadi pada Senin (15/11) mulai pukul 07.00 WIB hingga Selasa (16/11) pukul 07.00 WIB.

Sedangkan dampak potensi banjir akibat cuaca ekstrem dengan berbagai level yakni:

1. Kota Jakarta Pusat (Siaga)
2. Kota Jakarta Utara(Siaga)
3. Kota Jakarta Barat (Siaga)
4. Kota Jakarta Selatan (Siaga)
5. Kota Jakarta Timur (Siaga)
6. Kota Tangerang (Siaga)
7. Kota Depok (Siaga)
8. Kab. Bekasi (Siaga)
9. Kota Tangerang Selatan (Waspada)
10. Kab. Bogor (Waspada)

Dari perkiraan tersebut, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, yakni hujan lebat dengan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi banjir.

"Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku saku 'Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat' melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir," tulis BPBD DKI Jakarta dalam data tersebut.

Selain itu, masyarakat juga bisa memperbaharui informasi mengenai tinggi muka air (TMA) melalui tautan http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel. Kemudian masyarakat juga bisa melaporkan bila menemukan potensi genangan/banjir melalui aplikasi JAKI.

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt

"Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat aplikasi Jakarta Aman," tulis BPBD Jakarta.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini potensi hujan petir di Jabodetabek
Baca juga: Waspadai cuaca ekstrem di DKI Jakarta pada 30-31 Oktober

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021