Pemkab Kukar sambut gelar Pahlawan Nasional Aji Muhammad Idris

Pemkab Kukar sambut gelar Pahlawan Nasional Aji Muhammad Idris

upacara penyambutan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Aji Muhammad Idris, di di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. (ANTARA/Sapri Maulana)

Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, melakukan penyambutan "Kaseh Selamat" atas ditetapkannya gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Aji Muhammad Idris, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-14.

Sekretaris Daerah Kukar Sunggono di Tenggarong, Minggu, membacakan sambutan Bupati Kukar di mana peran Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dalam perkembangannya Kabupaten Kutai Kartanegara begitu besar, yakni dalam melestarikan warisan sejarah dan budaya kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia.

Dalam pembangunan Kutai Kartanegara dukungan sektor kepariwisataan menjadi penting untuk menjadikan daerah Kukar sebagai daerah tujuan wisata baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca juga: Warga bangga atas gelar pahlawan untuk Sultan Aji Muhammad Idris

“Kilas balik perjalanan sejarah inilah yang menjadi spirit serta semangat Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mewujudkannya melalui program Kukar Idaman," ucapnya.

Sunggono juga menuturkan peran Kesultanan Kutai Kartanegara sangat penting sebagai mitra sekaligus sebagai penyeimbang perjalanan pembangunan di daerah.

Pemerintah dalam menjalankan amanah pembangunan memerlukan saran, pendapat serta pertimbangan, salah satunya dari pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Salah satu dari 23 program dedikasi adalah penetapan Kota Tenggarong sebagai kota warisan budaya," ungkapnya.

Baca juga: HNW: KH. Ahmad Sanusi layak dianugerahi pahlawan nasional

Dia terus mengungkapkan pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 di Istana Negara begitu istimewa bagi masyarakat Kaltim, khususnya Kutai Kartanegara dengan ditetapkannya Sultan Aji Muhammad Idris sebagai pahlawan nasional yang tertuang dalam Keppres Nomor 109 TK/2021 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

"Jasa beliau dalam berjuang merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di bumi etam Kutai Kartanegara akan tetap dikenang," tuturnya.

Baca juga: Rektor UIN Palu: Perjuangan Tombolotutu perlu diajarkan ke siswa

Ditambahkannya, pemerintah daerah melalui progam Kukar Idaman yang tertuang dalam RPJMD Kutai Kartanegara 2021-2026, di mana dalam salah satu misinya adalah meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

"Semoga semangat Sultan Aji Muhammad Idris, kita dapat memperkuat semangat generasi Kutai Kartanegara sebagai generasi bangsa yang berkarakter kuat, berpikir positif, bersikap optimis, kreatif dan inovatif, rukun satu sama lain, dan bekerja keras serta hidup nyaman di Kutai Kartanegara,” harapnya.

Upacara penyambutan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Aji Muhammad Idris, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-14 digelar di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong, Sabtu (13/11).
Pewarta : Gunawan Wibisono/Sapri Maulana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021