...telah terjadi perubahan yang signifikan pada gaya hidup masyarakat Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, secara umum ke arah yang lebih sehat dan higienis
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition melalui Herbalife Nutrition Foundation (HNF) bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia kembali memperpanjang komitmen dukungan terhadap pembangunan fasilitas sanitasi sehat dan edukasi kesehatan di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

“Dalam analisis setelah pelaksanaan program fase pertama itu, disebutkan bahwa telah terjadi perubahan yang signifikan pada gaya hidup masyarakat Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, secara umum ke arah yang lebih sehat dan higienis," ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad.

Dengan demikian, perpanjangan komitmen dukungan ini diperlukan untuk memperkuat dan menjaga tren positif ini guna mendorong terciptanya generasi penerus bangsa yang lebih sehat. 

Baca juga: WASH: Warga Magelang miliki peran penting wujudkan sanitasi bersih

Sebelumnya program itu telah berjalan selama setahun sejak November 2019 hingga Oktober 2021. Beberapa fasilitas sanitasi dan MCK telah dibangun selama periode tersebut dan telah secara langsung dapat dirasakan oleh kurang lebih 800 penduduk sebagai penerima manfaat.

Sejak November 2019 hingga Oktober 2021, Herbalife Nutrition melalui HNF dan Habitat for Humanity Indonesia telah menyalurkan dana sebanyak 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar dan berhasil membangun berbagai fasilitas sanitasi dan MCK diantaranya pembangunan 15 unit toilet individu atau keluarga dan satu unit sumber air bersih untuk fasilitas menucuci bagi 75 kepala keluarga.

 Selain itu, pembangunan empat unit toilet umum yang menjangkau 60 kepala keluarga, satu unit toilet sekolah serta melakukan pelatihan mencuci tangan yang telah menjangkau 200 warga dan 100 siswa sekolah.

“Saat ini merupakan kesempatan yang baik untuk kembali memperkuat dukungan perusahaan terhadap upaya pemerintah dalam memerangi malnutrisi dan stunting akibat dari minimnya fasilitas sanitasi khususnya bagi warga Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang,” jelas dia.

Baca juga: OMS dinilai berperan besar optimalkan sanitasi berbasis masyarakat

Komitmen perpanjangan itu direalisasikan dengan kembali menyalurkan 100.000 dolar AS atau setara dengan Rp 1,4 miliar untuk setahun ke depan. Program pembangunan fasilitas sanitasi dan MCK di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang itu sekaligus melengkapi program-program sosial perusahaan melalui HNF seperti dukungan edukasi dan nutrisi kepada anak-anak asuhan di Pondok Kasih Agape, Rumah Autis dan Bali Caring Community.

“Kami sangat bangga dapat melanjutkan komitmen kami mendukung masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sehat. Selain itu, upaya ini merupakan bagian dari upaya global Herbalife Nutrition melalui kampanye Nutrition for Zero Hunger yang sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) nomor dua yang berupaya menghentikan kelaparan dunia pada 2030,” kata Andam Dewi.

Pewarta: Indriani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021