Jakarta (ANTARA) - Instagram baru saja menambahkan pembaruan pada layanan Reels miliknya dengan penambahan fitur "text-to-speech" dan efek suara (voice effects) mengikuti langkah aplikasi sejenis asal China yaitu TikTok.

Mengutip The Verge, Minggu, bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur "text-to-speech" di Reels bisa memulainya dengan membuka aplikasi Instagram dan buka kamera Reels.

Rekam atau unggah video, dan tambahkan teks ke video menggunakan alat teksnya.

Ketuk gelembung teks untuk membuka menu tiga titik, dan pilih “text-to-speech”, lalu pilih opsi suara yang Anda inginkan. Kemudian unggah konten anda seperti biasa.

Jika pengguna ingin menambahkan efek suara ke konten Reels dan memodifikasi suara latar atau voice-over anda maka usai merekam atau menyiapkan konten anda bisa memilih "Audio Mixer" setelah itu pilih "effect" dan anda tinggal memilih efek yang anda inginkan.

Baca juga: Instagram uji fitur yang bisa beritahu pengguna jika aplikasi "down"
 

Reels dirilis pada 2020 dan ditujukan untuk menjadi kompetitor dari TikTok yang pada saat itu tengah naik daun.

Perusahaan induk Instagram yaitu Meta bahkan menyiapkan program bonus bagi para kreator dengan dana segar yang disiapkan hingga 2022 mencapai 1 miliar dolar AS.

Fitur "Text-to-Speech" awalnya dikembangkan oleh TikTok bersamaan dengan pengembangan pengubah suara atau efek suara.

"Text-to-Speech" dimaksudkan untuk membantu pengguna yang memiliki masalah penglihatan dan tunanetra agar bisa mendengar versi lisan dari teks tertulis.

Sementara untuk fitur efek suara dimaksudkan agar konten yang diunggah terasa lebih berwarna dan menyakinkan saat didengar.

Terbaru TikTok meluncurkan efek suara dari tokoh- tokoh Disney seperti Chewbacca, Rocket Raccoon, dan Stitch.

Baca juga: 17andiReels Instagram meriahkan Hari Kemerdekaan

Baca juga: Instagram resmi hadirkan Reels di Indonesia

Baca juga: Instagram menilai anak perlu aplikasi khusus

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021