Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan Muhamad Muslim mengatakan disiplin protokol kesehatan (prokes) terbukti mampu menekan angka penularan kasus COVID-19 yang kini tersisa 34 pasien dalam perawatan di provinsi itu.

"Mari kita tekan terus penularan COVID-19 dengan tetap menerapkan prokes ketat kapanpun dan dimanapun," ucap dia di Banjarmasin, Sabtu.

Berdasarkan laporan harian Dinas Kesehatan Kalsel per tanggal 12 November 2021, pasien dalam perawatan berkurang 4 orang, pasien terkonfirmasi positif bertambah 1 orang dan pasien sembuh 4 orang dengan laporan kematian 1 orang.

Menurut Muslim momentum melandainya kasus COVID-19 saat ini harus benar-benar dijaga dan dipertahankan melalui disiplin prokes saat beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Kapolda Kalsel tegaskan prokes 5M belum dicabut tetap wajib diterapkan

Baca juga: Penguatan prokes saat COVID-19 melandai


Masyarakat diingatkan pula agar tidak terlena dan menganggap COVID-19 tidak ada lagi. Karena Muslim memastikan penularan masih terjadi di tengah masyarakat.

"Memang tingkat penularan sudah sangat kecil, namun yang pasti COVID-19 masih mengancam kita semua. Terbukti masih adanya penambahan kasus setiap harinya," ucap dia.

Kemudian untuk menciptakan kekebalan komunitas dari ancaman virus COVID-19, daerah berjuluk Bumi Lambung Mangkurat itu menargetkan 3.161.137 penduduk menerima vaksin hingga akhir tahun ini.

Meski saat ini capaiannya masih di bawah 50 persen dari target 70 persen penduduk, namun Muslim optimis dengan kerja keras dan sinergi semua pihak bisa mencapainya.*

Baca juga: Pemprov Kalsel targetkan 67 ribu vaksinasi per hari

Baca juga: Kalsel targetkan vaksinasi capai 60 persen akhir November

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021