Sekarang semakin berkembang esport di Indonesia, dengan adanya Awards ini dan sekarang ada franchise league, it is good to see dengan banyaknya tim baru, persaingan juga semakin banyak di kompetitifnya
Jakarta (ANTARA) - Ajang Indonesian Esports Awards 2021 akan diisi dengan perebutan gelar dalam 10 kategori bergengsi, termasuk caster atau sebutan untuk komentator pertandingan di dalam esport hingga tim profesional dan coach atau pelatih terfavorit.

Caster Ranger Emas, yang mengkomentari jalannya turnamen Mobile Legends: Bang Bang," mengaku kaget saat mengetahui dinominasikan dalam kategori caster terfavorit, bersaing dengan rekan satu profesi yang biasa menjadi pasangannya membawakan turnamen Mobile Legends Premier League (MPL) Indonesia, Fahmi "Kornet" Maulana.

"Sejujurnya saya enggak tahu, karena enggak dikasih tahu, tiba-tiba 'oh masuk nominee.' Tapi, untuk nanti, kita yang terbaik saja lah. Karena sebenarnya semuanya terbaik, semua caster yang ada di situ terbaik, cuman selera orang beda-beda, jadi siapa saja sebenarnya juaranya," kata pria yang memiliki nama asli Fauzi Anskar itu dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Baca juga: Ajang apresiasi Indonesian Esports Awards 2021 kembali digelar

Menjadi seorang caster, menurut Ranger Emas, merupakan profesi yang sangat menarik karena memiliki kesempatan lebih untuk bertemu langsung dengan para pemain profesional yang diidolakan, juga mendapat privilege untuk menonton pertandingan secara langsung.

"Dan, itu sangat senang sekali menurut saya melihat hype-nya secara langsung, beda sekali dengan ada di online," kata Ranger Emas.

Tidak hanya dengan Kornet, Ranger Emas juga bersaing dengan Bro Pasta, Clara Mongstar dan Skyla. Selain caster terfavorit, Indonesian Esports Awards 2021 juga mempertarungkan deretan tim esport profesional untuk berebut menjadi yang terfavorit, termasuk di dalamnya Bigetron, Boom, Onic, RRQ dan EVOS.

"Sekarang semakin berkembang esport di Indonesia, dengan adanya Awards ini dan sekarang ada franchise league, it is good to see dengan banyaknya tim baru, persaingan juga semakin banyak di kompetitifnya," kata Head of Esports, EVOS Esports, Aldean Tegar.

Sementara itu, pelatih RRQ, Adi "Acil" Syofian Asyauri masuk dalam nominasi kategori coach terfavorit. Acil mengungkapkan untuk menjadi pelatih esport harus pandai-pandai menempatkan diri sebagai leader saat in-game dan sebagai family saat out-game.

"Di situ menariknya, karena kita harus punya dua sisi berbeda di mana dua sisi itu adalah satu kesatuan, chemistry dan tekad lah untuk sebuah tim agar lebih kuat," kata Acil.

"Karena tugasnya buat coach esport itu sendiri lebih membuat menyatukan visi dan misi anak-anak itu sendiri untuk lebih improve ke depannya dan menjadi juara."

Malam puncak penganugerahaan Indonesian Esports Awards 2021 akan diadakan pada 18 November pukul 18.30 WIB. Sementara, voting bagi para nominee telah dibuka sejak 20 Oktober hingga 18 November.

Baca juga: Indonesian Esports Awards 2020 catatkan 11 pemenang penghargaan

Berikut daftar nominee Indonesian Esports Awards 2021.

Celebrity Gamer Terfavorit
Adipati Dolken
Ariel Noah
Baim Wong
Natasha Wilona
Raffi Ahmad

Celebrity Team Esports Terfavorit
Genesis Dogma
Geng kapak (GPX)
RANS Esports
The Pillars
Winnaar

Pro Player Games Esports Terfavorit
Ikhsan Lemon
MR 05
Rizky Faidan
Ryzen
Zuxxy

Pro Team Esports Terfavorit
Bigetron
Boom
EVOS
ONIC
RRQ

Coach Esports Terfavorit
Acil
Manay
S1NYO
Steven Age
Zeys

Game Esports Terfavorit
Arena of Valor
Garena Free Fire
Mobile Legends: Bang Bang
PUBG Mobile
Valorant

Turnamen Esports Publisher Terfavorit
CODM Major Series Season 5
Free Fire Indonesia Masters 2021 Spring
Mobile Legends Preofesional League
PUBG Mobile Pro League 2021
Valorant Champions Tour

Turnamen Esports Non-Publisher Terfavorit
Dunia Games League 2021
EVOS Fams Cup
H3RO 2.0 Esports Turnamen
IEL University Super Series
Southeast Asia Cyber Arena

Content Creator Gaming Terfavorit
Dyland Pros
Jess No Limit
Jonathan Liandi
Oura Gaming
Windah Basudara

Caster Esports Terfavorit
Bro Pasta
Clara Mongstar
Kornet
Ranger Emas
Skyla

Baca juga: PUBG Mobile jalin kerja sama dengan Koenigsegg
Baca juga: "Piala Presiden eSports 2021" menarik minat lebih dari 40.000 peserta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021