Besarnya jumlah ritel tersebut menunjukkan pentingnya peranan ritel dalam menunjang aktivitas perekonomian serta dalam pemenuhan kebutuhan konsumen
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan perdagangan ritel yang pada 2020 berjumlah 2.133 unit berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Besarnya jumlah ritel tersebut menunjukkan pentingnya peranan ritel dalam menunjang aktivitas perekonomian serta dalam pemenuhan kebutuhan konsumen," kata Menko Airlangga dalam pembukaan acara Hari Ritel Nasional ke-2 secara virtual di Jakarta, Kamis.

Perdagangan besar dan eceran yang berasal dari aktivitas di pusat perbelanjaan dan toko swalayan, lanjut Airlangga, juga berperan penting sebagai akses pasar bagi pelaku UMKM.

Kemitraan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM sekaligus melakukan pembinaan terhadap branding, packaging, manajemen pemasaran, dan manajemen logistik, sehingga produk-produk UMKM bisa dikenal masyarakat dan mampu bersaing.

"Kolaborasi yang telah terjalin antara pelaku UMKM dan ritel diharapkan juga dapat menciptakan lapangan usaha baru dan menyerap tenaga kerja," ujar Airlangga.

Selain itu, pemerintah juga berupaya menjaga dan mendukung keberhasilan serta keberlangsungan usaha ritel melalui berbagai insentif fiskal yang telah diberikan. Insentif tersebut adalah PPh 21, PPh Pasal 22 Impor, PPh Pasal 25, restitusi PPN, dan PPN ditanggung pemerintah (DTP) atas jasa sewa.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan bahwa strategi pengendalian COVID-19 merupakan prasyarat utama untuk percepatan pemulihan ekonomi.

Pengendalian COVID-19 dari hulu dan hilir terus didorong melalui pembatasan kegiatan masyarakat yang telah terbukti efektif dan juga mampu menjaga gerak perekonomian. Melalui upaya tersebut, momentum pemulihan ekonomi diharapkan dapat terus berlanjut sampai dengan kuartal IV 2021.

"Guna mendorong pemulihan ekonomi lebih lanjut, pemerintah telah berkomitmen untuk melanjutkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional di tahun 2022 sebesar Rp321 triliun. Diharapkan ini bisa menjaga penanganan kesehatan dan menjaga daya beli masyarakat," tutur Airlangga.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021