Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengundang para pebisnis yang tergabung dalam CEO Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) untuk berpartisipasi dalam pembangunan di negaranya.

"Sebagai pemimpin bisnis, Anda dapat menyaksikan dan turut berpartisipasi dalam pembangunan China," ujarnya dalam sambutan yang disampaikan melalui aplikasi video dari Beijing untuk CEO APEC Summit, Kamis.

Pemimpin utama Partai Komunis China (CPC) itu berharap para pebisnis di Asia-Pasifik tertarik dan mendukung pembangunan di China dengan skema saling menguntungkan.

"Melalui kerja sama, mari kita semua menjadi pendukung dan berkontribusi pada persatuan dan kemakmuran masyarakat Asia-Pasifik," katanya.

Ia menganggap negara-negara di Asia-Pasifik menjadi motor penggerak ekonomi global.

 Baca juga: Presiden China janji perkuat sektor jasa di negara BRI

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, Asia-Pasifik bertanggung jawab dengan bekerja keras dalam menciptakan komunitas di kawasan demi tercapainya kesejahteraan bersama.

"Pada saat yang sulit ini, yang lebih penting bagi kita adalah harus tetap percaya diri dan bertekad maju. Lebih dari satu dekade yang lalu, kita di Asia-Pasifik mampu mengatasi berbagai krisis dan berhasil menghadapi berbagai tantangan," ujar Xi.

Dalam pidatonya, dia juga menyinggung pentingnya keterbukaan dalam bekerja sama.

Menurut dia, keterbukaan menjadi jalan terbaik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Berkat upaya bersama kita dalam mengimplementasikan Cita-Cita Bogor dan Visi Putrajaya selama lebih dari 30 tahun terakhir, kita di Asia-Pasifik telah berhasil melanjutkan pembangunan yang cepat dalam jangka waktu yang cukup lama," ujar Presiden Xi.

Tak masalah bagaimana caranya pembangunan global dapat terlaksana karena yang terpenting baginya adalah ekonomi di Asia-Pasifik tetap kuat dan tangguh.  

Baca juga: China tak akan tekan tombol jeda "Belt and Road"

Baca juga: AS Januari 2022 luncurkan proyek infrastruktur untuk tandingi China

 

 

KTT APEC hasilkan kesepakan vaksin COVID-19 dan pemulihan ekonomi

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021