Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Muscat, Oman, memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan melaksanakan upacara bendera pada Rabu waktu setempat.

Duta Besar RI untuk Kesultanan Oman Mohamad Irzan Djohan bertindak sebagai pembina dalam upacara yang dihadiri oleh seluruh staf KBRI, perwakilan masyarakat Indonesia, serta Wakil Ketua DPD RI Mahyudin beserta sejumlah anggota DPD yang sedang melaksanakan kunjungan kerja di Muscat.

Dalam pembacaan amanat Menteri Sosial RI dalam rangka Hari Pahlawan Nasional, Dubes Djohan menekankan agar momentum Hari Pahlawan dijadikan inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

“Seluruh warga bangsa diajak untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik,” kata Dubes dalam keterangan tertulis KBRI Muscat.

Sejalan dengan semangat memupuk rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda, pasukan pengibar bendera dalam upacara tersebut terdiri dari pelajar dan mahasiswi Indonesia di Muscat serta pramugari Indonesia yang bekerja di Oman.

Selain itu, lima orang pemuda dan pemudi bergantian membacakan pesan-pesan perjuangan pahlawan nasional.

Baca juga: KBRI Muscat data pekerja migran Indonesia di Salalah

Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara, dilaksanakan pula hening cipta selama 60 detik.

Upacara Hari Pahlawan di KBRI Muscat dilaksanakan di tengah kondisi pandemi COVID-19 di Oman yang telah membaik, sehingga memungkinkan kehadiran masyarakat Indonesia secara fisik.

Kegiatan DPD RI

Dalam kunjungan kerja di Muscat pada 9-13 November 2021, delegasi DPD RI akan melakukan serangkaian pertemuan dengan mitra kerja parlemen Kesultanan Oman, yaitu Majlis Dawla dan Majlis A’Shura.

Meskipun bukan negara monarki parlementer, Oman menganut sistem parlemen dua kamar (bikameral).

Wakil Ketua DPD RI dan delegasi akan melakukan pertemuan dengan instansi pemerintah Oman yang melakukan pelayanan publik, antara lain kementerian perhubungan, komunikasi, dan teknologi informasi.

Selain itu, delegasi DPD RI juga melakukan pertemuan dan berdiskusi dengan KBRI Muscat guna mengetahui perkembangan hubungan bilateral RI-Oman serta pelaksanaan misi perlindungan WNI serta pelayanan publik di wilayah kerja KBRI Muscat.

Baca juga: KBRI Muscat repatriasi 180 WNI dari Oman dengan penerbangan khusus
Baca juga: Satu WNI di Oman positif COVID-19


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021