Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar upacara tabur bunga di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2021, Rabu.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut juga melibatkan perwakilan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga, dan Pramuka.

"Di peringatan 10 November ini, Kementerian Sosial bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut mengadakan upacara tabur bunga di laut sebagai bagian dari mengenang jasa-jasa para pahlawan yang mendahului kita, khususnya pahlawan dari TNI AL yang telah mendahului kita," ujar Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan dan Kemitraan Lembaga Luar Negeri Kemensos, Faozan Amar di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi berikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh

Upacara dilakukan di atas geladak buritan KRI Semarang-594, yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Sulang Priambodo B. Sebagai Inspektur upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dalam peringatan Hari Pahlawan, para peserta upacara melakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan pada pukul 08.15 WIB.

Selanjutnya, dilakukan pelarungan karangan bunga, serta menaburkan bunga di atas perairan Kepulauan Seribu oleh para peserta upacara.

Faozan mengatakan tema Hari Pahlawan kali adalah "Pahlawanku Inspirasiku," sebab bagaimanapun pahlawan telah memberikan inspirasi, tidak hanya kepada diri dan keluarga, juga bangsa Indonesia.

"Kemerdekaan yang diraih dengan penuh perjuangan bukan hadiah dari siapapun, tetapi perjuangan dari pahlawan. Maka, inspirasi ini harus kita lestarikan oleh generasi muda, generasi bangsa Indonesia yang merupakan penerus cita-cita pewaris perjuangan bangsa," kata Faozan.

Baca juga: Wapres hadiri Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan

Baca juga: Presiden tabur bunga di makam Habibie hingga pahlawan tak dikenal
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono melarung karangan bunga untuk memberikan penghormatan pada Hari Pahlawan di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (10/11/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021