Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengungkapkan Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) - Mandalika siap diresmikan jelang ajang balapan prestisius World Superbike (WSBK) 2021.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat Reiza Setiawan mengatakan pembangunan jalan utama telah selesai, dengan progres keseluruhan pekerjaan mencapai 98,6 persen.

"Saat ini tengah dilakukan tahap finalisasi sehingga jalan 'bypass' ini sudah siap untuk diresmikan awal November 2021 menjelang penyelenggaraan World Superbike pada 19 November 2021," ujar Reiza dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp705 miliar. Paket 1 sepanjang 4,30 km dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp199 miliar.

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 km, kontraktornya PT Adhi Karya - PT Metro Lestari Utama (KSO) dengan anggaran senilai Rp353 miliar. Selanjutnya untuk Paket 3 sepanjang 3,36 km, kontraktornya oleh PT Yasa Patria Perkasa dengan anggaran senilai Rp152 miliar.

Baca juga: PT PP pastikan pengaspalan sirkuit Mandalika berkualitas terbaik

Baca juga: MGPA: merk motor di WSBK Sirkuit Mandalika tak jauh beda dengan MotoGP


"Pekerjaan paket 1 dan 2 sudah selesai 100 persen, sekarang sudah masuk tahap pemeliharaan. Untuk tahap 3 sedang tahap finalisasi dengan target Serah Terima Sementara Pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO) pada 3 Desember 2021," ujarnya.

Reiza menyampaikan, keberadaan jalan bypass akan mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Mandalika dari yang semula 45 menit menjadi 15 menit.

"Jalan bypass dilengkapi 2 jembatan, 11 'overpass', dan 3 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar," paparnya.

Baca juga: MotoGP Mandalika bawa optimisme baru ke pelaku UMKM

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan Bypass BIL sepanjang 17,36 km akan memperlancar konektivitas dari Bandara BIL ke kawasan wisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika.

Selain itu Jalan Bypass BIL tersebut, juga mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang juga dibangun di kawasan Mandalika.

Menjelang pelaksanaan Moto GP 2022, bulan ini berlangsung dua event besar ajang balap motor yang bakal digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yakni Asia Talent Cup pada 12-14 November 2021 serta World Superbike pada 19-21 November 2021.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021