Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Indonesia kini sudah dapat membuka akses PeduliLindungi langsung dari aplikasi Grab di ponsel pintarnya berkat adanya integrasi aplikasi yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ke dalam ekosistem Grab.

Integrasi ini diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya serta mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan pandemi di tengah peningkatan mobilitas saat ini.

“Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kegiatan bisnis, kita semua diajak untuk semakin mematuhi protokol kesehatan. Kita masih harus hidup berdampingan dengan situasi ini dan untuk dapat menanggulanginya, kita harus bersatu dan berkolaborasi," ujar President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Grab dan OVO luncurkan PATRIOT, dukung digitalisasi di daerah

Integrasi ini akan diberlakukan secara nasional, di mana pengguna Grab di seluruh Indonesia dapat menemukan tile PeduliLindungi di halaman muka aplikasinya. Pengguna dapat mengaksesnya kemudian melakukan scanning barcode di lokasi-lokasi yang mereka kunjungi.

"Dengan mengakses PeduliLindungi melalui aplikasi Grab, pengguna memperoleh kemudahan dan keuntungan dalam satu aplikasi. Pengguna juga bisa tetap tenang karena data pribadi akan langsung dikirim ke sistem PeduliLindungi tanpa disimpan dalam aplikasi Grab,” tambah Ridzki.

Selain lebih mudah, pengguna Grab juga bisa mendapatkan promo hingga 50 persen untuk layanan GrabFood self pick-up di merchant yang ada di lokasi pengguna check in. Tidak hanya itu, setelah check-out di lokasi tersebut, pengguna bisa mendapat diskon hingga 50 persen untuk layanan GrabBike atau GrabCar (Protect). Cukup menambah kode promo GRABPEDULI untuk setiap pemesanan makanan atau perjalanannya.

Sejumlah pakar kesehatan dan pemerintah telah melakukan upaya pencegahan dini, terutama menyambut akhir tahun.

Meskipun kasus COVID-19 saat ini sudah mulai landai, mempelajari pengalaman dari negara-negara lain serta perjalanan kasus di Indonesia, perkiraan datangnya gelombang 3 perlu diantisipasi semua pihak. Sejumlah kebijakan juga telah diumumkan untuk dapat memastikan protokol tetap berjalan.

Selain integrasi PeduliLindungi, Grab Indonesia telah menjadi mitra strategis pemerintah untuk penanggulangan penyebaran virus COVID-19, terutama dengan menjadi mitra swasta pertama yang mendukung program vaksinasi nasional di bulan Februari 2021 lalu.

Sampai saat ini, Grab Indonesia telah menjalankan program vaksinasi di 54 kabupaten dan kota di Indonesia bagi mitra pengemudi, mitra merchant, serta masyarakat umum. Grab juga terus melakukan kolaborasi dengan mitra-mitra dan juga pemerintah untuk dapat meningkatkan kewaspadaan diri agar dapat menghentikan penyebaran virus ini.

Baca juga: Grab bantah terlibat aksi teror di rumah keluarga Veronica Koman

Baca juga: Grab berkolaborasi dengan Kemenparekraf dukung kebangkitan wisata Bali

Baca juga: Danamon dan Grab kolaborasi luncurkan kartu kredit

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021