Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, meminta pemerintah daerah segera memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam seperti banjir dan genangan air akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah titik di Tanah Air beberapa waktu terakhir.

"MPR menyampaikan keprihatinan atas musibah bencana banjir yang dialami warga di sejumlah wilayah, dan meminta pemerintah daerah setempat segera menangani serta memberikan bantuan bagi warganya," kata dia, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BPBD: ada 13 RT di Kecamatan Penjaringan Jakut terkena dampak rob

Pemerintah daerah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus tetap bersiaga untuk segera mendata jumlah warga yang terdampak bencana banjir, sekaligus mendata jumlah kerugian akibat bencana alam tersebut.

"Ini agar pemerintah dapat segera mengambil langkah penanggulangan bencana yang nantinya disesuaikan dengan kondisi setempat," kata dia.

Kemudian, politisi Partai Golkar juga meminta pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial bersama dinas sosial segera turun kelapangan guna penyaluran bantuan bagi warga terdampak bencana banjir.

Baca juga: Jalan penghubung wilayah Cianjur selatan putus akibat pohon tumbang

Kendati demikian, perlu diingat, bantuan tersebut harus betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing daerah serta memastikan pendistribusian bantuan tepat sasaran.

Daerah dengan potensi bencana alam yang tinggi agar segera menyiagakan BPBD dan mengoptimalisasi dana bantuan tidak terduga (BTT) untuk tanggap bencana. Hal ini diperlukan sebagai langkah utama dalam penanggulangan bencana.

"Di saat bersamaan, pihak terkait harus terus mengikuti perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," kata dia.

Baca juga: BPBD Banten imbau wisatawan pesisir selatan tak berenang 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021