Jakarta (ANTARA) - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen pemegang merek kendaraan niaga Mercedes-Benz berkolaborasi dengan karoseri Laksana meluncurkan Mercedes-Benz OF 917 dengan penyempurnaan terbaru.

Peluncuran tersebut merupakan puncak dari rangkaian kegiatan kontes desain livery dan interior Bus Mercedes-Benz OF 917 yang diselenggarakan DCVI melalui Instagram @mercedesbenzid, di mana karoseri asal Semarang Laksana Bus muncul sebagai pemenang dengan likes terbanyak.

“Jadi dengan menggandeng Laksana saya cukup bangga saat ini memperkenalkan OF 917 the newly improve dengan desain livery dan tentunya desain interior yang sangat bagus," ujar Head of Products & Marketing PT DCVI Faustina dalam acara peluncuran virtual, Selasa.

Baca juga: Mercedes-Benz Cars, Daimler Truck resmi jadi perusahaan independen

Desain livery yang ditampilkan Laksana bertema warisan budaya Kota Semarang dengan aksen merah putih khas bendera Indonesia. Selain itu, terdapat desain landmark Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, Kuil Sam Po Long serta Balai Kota Semarang.

"Hal ini kami lakukan agar kita tetap selalu ingat dengan budaya lokal dan sudah tugas kita sebagai pahlawan modern untuk selalu bangga terhadap budaya kita sendiri," ujar Direktur Komersial Karoseri Laksana Alvin Arman.

Laksana melengkapi bagian interior Mercedes-Benz OF 917 dengan desain Suites Combi, perpaduan konfigurasi suites cabin dan kursi physical distancing.

Laksana mengusung kombinasi konfigurasi 12 kursi physical distancing dan delapan suites cabin yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti 150 derajat seat reclining, USB charger, individual lamp, cup holder, dan monitor LCD layar sentuh.
Bus Mercedes Benz OF 917 dengan penyempurnaan terbaru (ANTARA/HO)


Terdapat pula fitur-fitur protokol kesehatan seperti Touchless Temperature Measurement dan Bio Smart Air Circulation System, yaitu kombinasi penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA Filter dan cabin filter yang berguna untuk menyaring udara agar bersih dan steril.

“Momen ini menjadi ajang pembuktian kami sebagai perusahaan karoseri terdepan di Indonesia untuk menyediakan bus yang aman, inovatif, dan berkualitas dunia sesuai dengan berbagai kebutuhan pelanggan terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi yang aman dan nyaman di masa new normal saat ini.” ucap Alvin.

Penyempurnaan Mercedes-Benz OF 917 kali ini meliputi komponen krusial bus, terutama pada bagian cylinder head, rocker arm dan juga camshaft sehingga memiliki daya tahan operasional serta memiliki umur penggunaan lebih lama.

Untuk mendapatkan daya yang efisien, dibenamkan mesin berkapasitas 3,9 liter turbocharger dengan intercooler, empat silinder segaris. Tenaga maksimum yang disemburkan mencapai 172,3 PS di putaran 2.500 rpm dan memiliki momen puntir sebesar 520 Nm di rentang 1.500-2.000 rpm.

Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan, penyempurnaan Mercedes-Benz OF 917 juga difokuskan kepada bagian poros belakang, rem dan suspensi.

Mercedes-Benz OF 917 baru ini tetap mempertahankan karakteristik yang ada sebelumnya, seperti full air brake sebagai fitur standar dan juga fitur Slack adjuster untuk pengaturan kampas rem secara otomatis.

“Dengan penyempurnaan ini, DCVI berharap agar dapat memberikan sasis bus yang dapat beroperasi lebih aman, efisien dan nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang dan dapat mendongkrak angka penjualan bersamaan dengan pulihnya sektor pariwisata setelah masa pandemi.” kata Faustina.

Baca juga: Bos Truk Daimler sebut pasokan chip kini semakin ketat

Baca juga: Daimler: Perusahaan otomotif bisa hadapi kekurangan chip hingga 2023

Baca juga: Mercedes-Benz, Daimler Truck fokus ke elektrifikasi dan digitalisasi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021