Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada delapan Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Selatan terendam banjir akibat hujan deras, Minggu.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insaf, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu, menyebutkan, delapan RT tersebut berada di lima kelurahan.

Kedelapan RT tersebut berada di Kelurahan Pondok Pinang empat RT dengan ketinggian air banjir mencapai 90 cm, akibat meluapnya Kali Pesanggrahan, serta satu RT di Kelurahan Bintaro dengan ketinggian air banjir 50 cm karena meluapnya Kali Pesanggrahan.

Baca juga: Kecamatan-kelurahan di Jakarta Selatan diwajibkan miliki posko bencana

Satu RT di Kelurahan Petukangan Utara dengan ketinggian air banjir mencapai 70 cm karena meluapnya Kali Pesanggrahan.  Banjir juga melanda satu RT di Kelurahan Gunung dengan ketinggian 50 cm karena meluapnya Kali Jelawe. 

Insaf menyebutkan, genangan banjir sempat melanda satu RT di Kelurahan Cipete Selatan dengan ketinggian mencapai 50 cm karena meluapnya Kali Pesanggrahan.
 
Banjir setinggi satu meter juga melanda kawasan permukiman warga Kampung Duku Rukun Tetangga (RT) 06 RW 02 Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Minggu, (7/11/2021). ANTARA/Sihol Hasugian


Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Mustajab, menyebutkan, sejumlah wilayah di Jakarta Selatan juga tergenang air akibat derasnya curah hujan.

"Genangan air itu ada di Kemang, Gandaria City, Sesko AL, Jalan Swadarma Raya.  Itu menjadi konsen kita tadi, kemudian kompleks IKPN juga sempat tergenang tapi sudah bisa diatasi," katanya saat dihubungi di Jakarta, Minggu sore.

Banjir setinggi satu meter juga melanda kawasan permukiman warga Kampung Duku RT 06 RW 02 Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Minggu.

Baca juga: Jakarta Selatan gerebek lumpur di Kali Grogol untuk antisipasi banjir
Baca juga: Banjir rendam enam RT di Kampung Baru, Jakarta Selatan

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021