pemkab terus bersinergi dengan unsur forkopimda untuk membuat posko sekaligus memantau ketinggian air dan menurunkan perahu karet serta alat pertolongan lain
Seirampah (ANTARA) - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) , Sumatera Utara, kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir berupa beras kepada 2.000 kepala keluarga di Kecamatan Seirampah.

Bupati Sergai, Darma Wijaya di Seirampah, Minggu, mengatakan upaya penanganan terhadap korban bencana banjir terus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat.

"Kami turut prihatin atas musibah ini. Semoga para korban bencana banjir musiman ini bersabar dalam menerima cobaan dan mudah-mudahan bencana banjir segera usai agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," katanya.

Ia juga mewanti-wanti masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini sering tidak menentu.

Tak lupa juga Bupati mengimbau warga yang rumahnya masih terendam banjir, jika tidak memungkinkan tinggal di rumah, agar segera mengungsi ke posko-posko terdekat yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah.

"Sejak awal banjir, pemkab terus bersinergi dengan unsur forkopimda untuk membuat posko sekaligus memantau ketinggian air dan menurunkan perahu karet serta alat pertolongan lain bagi warga korban banjir," katanya.

Dinas Sosial Serdang Bedagai bersama Kementerian Sosial dan Kader PKK serta tagana juga telah membuka dapur umum untuk memasak makanan bagi korban banjir.

Sebanyak 4.632 bungkus nasi per hari disalurkan kepada korban banjir selama lima hari yang terdiri 1.006 nasi bungkus untuk warga Pekan Tanjung Beringin, 2.104 bungkus untuk masyarakat Desa Sei Rampah, 162 bungkus untuk warga Desa Firdaus, 560 bungkus untuk Desa Cempedak Lobang, 450 bungkus Desa Sei Rejo, 350 bungkus dikirim ke Desa Pematang Ganjang.

"Kami sangat mengapresiasi peran serta yang dilakukan oleh Kader PKK Sergai. Ini merupakan sinergi yang baik bagi PKK selaku mitra pemerintah. Tetap kita eratkan dan tingkatkan lagi kekompakan, kebersamaan dalam menghadapi musibah ini," katanya.
Baca juga: Puting beliung rusak 34 rumah warga desa di Serdang Bedagai Sumut
Baca juga: Puluhan rumah dan fasilitas umum di Sumut rusak diterjang angin
Baca juga: 336 mahasiswa USU diterjukan praktik lapangan KKN di Serdang Bedagai


 

Pewarta: Juraidi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021