Kita sedang membawa negara ini keluar dari pandemi
Sydney (ANTARA) - Kota terbesar di Australia, Sydney, akan menambah kelonggaran aturan pembatasan sosial pada Senin ketika hampir 90 persen penduduknya telah menerima dua dosis vaksin.

Meskipun terbatas bagi mereka yang sudah divaksin penuh, relaksasi di New South Wales, negara bagian di mana Sydney berada, mencakup sejumlah aturan.

Salah satu aturan yang dihapus adalah batasan jumlah tamu yang boleh berkunjung ke rumah atau jumlah orang yang menghadiri acara di tempat terbuka.

"Kita sedang membawa negara ini keluar dari pandemi," kata pemimpin negara bagian Dominic Perrottet.

Baca juga: Menlu: Warga Australia dapat bepergian ke luar negeri

Dia menyerukan "upaya terakhir" untuk mencapai --dan bahkan melampaui-- capaian vaksinasi 95 persen.

Ratusan orang pada Minggu menggelar protes anti vaksin di Sydney, namun aksi penentangan seperti itu tergolong kecil di Australia.

Jajak-jajak pendapat menunjukkan jumlah penentang vaksin di negara itu hanya berkisar satu digit.

Negara bagian Victoria mencatat 1.417 kasus baru COVID-19, terbanyak di Australia, dengan 10 kematian.

Tidak ada kasus baru di Wilayah Utara yang terpencil, di mana penguncian diperpanjang hingga Senin tengah malam untuk mengatasi lonjakan kecil wabah di beberapa daerah.

Baca juga: Warga Australia yang sudah divaksin boleh ke luar negeri lagi

Australia melampaui 80 persen vaksinasi penuh pada Sabtu.

"Itu harusnya memberi kita keyakinan dalam hal pembukaan kembali," kata menteri keuangan federal Simon Birmingham dalam wawancara TV, Minggu.

Australia memperingan aturan di perbatasan internasionalnya pada Senin untuk pertama kali selama pandemi, khusus bagi mereka yang sudah divaksin penuh dari negara bagian dengan tingkat vaksinasi yang tinggi.

Namun perjalanan domestik masih terganggu karena sebagian besar negara bagian dan teritori masih menutup perbatasan mereka.

Negara bagian  Western Australia  akan membuka lagi perbatasan ketika vaksinasi penuh mencapai 90 persen, kata pemimpinnya.

Terlepas dari wabah Delta yang memicu lockdown berbulan-bulan di Sydney dan Melbourne, total kasus COVID-19 di Australia hanya sedikit di atas 180.000 --jauh lebih sedikit ketimbang banyak negara maju lainnya-- dengan 1.597 kematian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pertama selama pandemi, Australia buka perbatasan internasional
Baca juga: Australia akan izinkan perjalanan tanpa karantina

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021