Jakarta (ANTARA) -
Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) menggelar apel latihan operasi kontra teror maritim tahun 2021, di Mako Puskopaska Semarung, Ujung Surabaya, Sabtu.
 
"Apel ini digelar untuk memeriksa kesiapsiagaan dari seluruh peserta latihan, pendukung latihan serta alutsista yang digunakan," kata Komandan Puskopaska Laksamana Pertama TNI Y. Bramantyo NS dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Bramantyo menjelaskan kegiatan latihan itu dilaksanakan sesuai direktif Kasal Laksamana TNI Yudo Margono SE, M.M nomor sprint 12127/X/2021 tentang Penyelenggaraan Latihan Operasi Kontra Teror Maritim TA. 2021 “Alor-21”, untuk meningkatkan kesiapsiagaan prajurit Kopaska selalu memelihara daya gerak dan daya tempur yang tinggi.
 
Apel gelar ini melibatkan seluruh personil latihan, didukung alutsista Kopaska terdiri dari Rantis ILSV, Cheetah, Sea Reader, Kendaraan Pomal, Kendaraan Tahanan, Ambulance, Mobil Hiperbarik dan Damkar.
 
“Dari hasil pemeriksaan yang baru saya laksanakan meliputi personel, persenjataan, alutsista dan pendukung latihan, saya nyatakan siap," kata Bramantyo menegaskan.
 
Selaku direktur latihan, Bramantyo menyatakan program latihan operasi itu merupakan implementasi yang nyata dari pimpinan TNI AL sebagai wujud nyata terhadap pembinaan dan perawatan personil sekaligus membangun kekuatan prajurit Kopaska.
 
"Kopaska merupakan Komando kekuatan laut yang siap diopersikan," ujar Bramantyo.

Bertindak selaku Komandan Apel tersebut Komandan Satkopaska Koarmada II Kolonel Laut (P) Agus Yudo K.

Baca juga: Prajurit Taifib dan Kopaska latihan pembebasan sandera di Situbondo
Baca juga: TNI uji kesiapan Satgultor laksanakan operasi penanggulangan terorisme

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021