Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta periode 2021-2023, Aryo PS DJojohadikusumo, mengatakan, Pordasi DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta, segera membahas pembangunan arena pacuan kuda yang baru di Jakarta.

"Kegiatan jangka pendek, kami segera bermusyawarah dengan Dispora DKI, DPRD DKI, dan Bidang Askesra, untuk membahas apa yang bisa dilakukan untuk membantu olahraga berkuda ini," kata Aryo Djojohadikusumo, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat.

Menurut Aryo, peminat olah raga berkuda ini meningkat secara signifikan pada kondisi pandemi COVID-19, sehingga momentum ini harus dimanfaatkan untuk mencari fasilitas arena pacuan kuda yang baru.

Pengembangan olahraga berkuda sebagai olahraga prestasi dan rekreasi di Jakarta, kata dia, harus dimaksimalkan karena olahraga berkuda, terutama equistrian merupakan olahraga tetap pada olimpiade.

Baca juga: Aryo PS Djojohadikusumo dilantik jadi ketua Pordasi DKI Jakarta

Aryo menceritakan, arena pacuan kuda ini juga merupakan janji Anies Baswedan yang berniat membangun arena pacuan kuda baru sebagai pengganti dari arena pacuan kuda Pulomas yang diubah menjadi arena equistrian saja untuk Asian Games 2018.

Aryo berharap, arena baru bisa dimanfaatkan bagi olahraga berkuda tersebut, bisa digunakan untuk empat cabang olahraga berkuda di bawah naungan Pordasi yakni pacuan, polo, equistrian, dan berkuda memanah.

"DKI Jakarta dulu punya fasilitas olahraga berkuda yang bisa menaungi pacuan dan equistrian di Pulomas, kini dikhususkan untuk equistrian saja," katanya.

Arya berharap, Anies Baswedan dapat mewujudkan janjinya membangun arena olahraga berkuda, yakni pacuan, polo, dan berkuda memanah, untuk mengembangkan olehraga berkuda di Jakarta.
 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, pihaknya mendukung apa yang disampaikan oleh pengurus Pordasi DKI Jakarta mengenai fasilitas, yang menurutnya adalah konsekuensi masyarakat berada di Jakarta sebagai ibu kota.

"InsyaAllah kami akan berkolaborasi untuk merealisasikannya, kepada Pordasi DKI Jakarta selamat bertugas," ucap Anies.

Baca juga: Aryo Djojohadikusumo resmi jadi Ketua Pordasi DKI Jakarta
Baca juga: Aryo Djojohadikusumo berkomitmen majukan Pordasi DKI

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021