Pekanbaru (ANTARA) - Aksi heroik personel Berimob Polda Riau, menyelamatkan seorang lansia yang mengalami stroke, pada saat rumahnya terbakar di Jalan Teratai, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, terekam kamera warga.

Dalam video yang beredar luas di media sosial maupun WhatsApp Group, tampak personel Brimob Polda Riau, yang mengenakan pakaian olahraga. Polisi itu sedang sibuk mengeluarkan dan mengangkat sofa dari rumah yang sedang terbakar. Di atas sofa itu ada seorang kakek tua dalam keadaan stroke.

"Iya jadi tadi pagi, anggota Gowes Brimob yang berkumpul sejak pukul 06.00 WIB di Mako Brimob, selanjutnya, gowes sambil patroli sepeda di seputaran kota Pekanbaru," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Kemudian, katanya, saat mulai meninggalkan Mako Brimob melewati Jalan Teratai atas pukul 06.30 WIB, rombongan melihat kepulan asap hitam keluar dari atas atap rumah warga nomer 169 yang berlokasi di Jalan Teratai tersebut.

Baca juga: Aksi heroik Prajurit TNI gendong warga alami lumpuh saat jemput BLT

Melihat ada kebakaran rumah, Team Gowes Brimob Polda Riau bergerak cepat mengecek TKP kebakaran. Di sisi lain, ada juga personel Brimob yang tengah menuntun seorang wanita tua keluar dari dalam rumah yang sedang terbakar itu.

Setelah diperiksa, katanya, benar saja ternyata di dalam rumah itu ada dua orang tua yang sudah lansia, dan ada satu bapak tua bernama Osman Sitorus, yang sedang terbaring di atas sofa. Ternyata kakek itu sedang sakit stroke, sehingga tidak bisa keluar rumah walaupun rumahnya sedang terbakar.

Sementara istrinya yang bernama Ruhun Siahaan sudah lansia tersebut sudah kalut dan panik. Ia menyadari ada api di atas atap rumahnya. Sementara, di dalam rumah sudah mulai dipenuhi oleh asap. Personel Brimob langsung menenangkan situasi dan dievakuasi ke tempat yang aman bersama suaminya.

"Si bapak yang pertama dievakuasi, diangkat atau digotong dengan sofanya sekalian. Bapak tersebut langsung dipindahkan ke tempat aman yakni di halaman rumah warga yang letaknya di seberang rumah TKP. Kemudian, istrinya rupanya udah kabur penglihatannya. Namun, masih bisa jalan walau pelan. Si Ibu dituntun dan dipindahkan ke tempat evakuasi suaminya," lanjut Narto.

Baca juga: Ini aksi heroik Kapolsek Kembangan angkut nenek lintasi banjir

Kemudian, Tim Gowes Brimob Polda Riau langsung bergegas mengangkat sofa beserta kakek lansia itu keluar rumah yang sedang terbakar, sembari menghubungi pihak Damkar Kota Pekanbaru untuk memadamkan api.

"Dalam tempo 3 menit, ada 2 unit langsung sampai di TKP. Kemudian, anggota Gowes Brimob ikut membantu petugas Damkar memasukkan selang pemadam ke dalam rumah TKP. Sebagian anggota Gowes lainnya mengatur kelancaran arus lalu lintas agar tidak tercipta kemacetan. Setelah dilakukan proses pemadaman selama sekitar 15 menit, maka api pun padam,” beber Sunarto.

Terakhir kata Sunarto, dalam aksi itu ada sebanyak 11 personel Brimob yang ikut membantu mengevakuasi hingga memadamkan api di rumah lansia yang sudah rentan itu.

Sebelas personel itu diantaranya Kompol Franky Tambunan, AKP Wakidi, AKP Abdul Rahman, AKP Febriyanti, Iptu Zaenal Ludfi, Iptu Sunarya. Kemudian, Bripka Tony Kueboyo, Briptu Deriansyah, Bripda Trisy Amalia, Bripda Alfatmi Nursih, dan Bharada Josua Fernando.

"Kita apresiasi personel Brimob yang sudah membantu warga yang sedang mengalami kesulitan dan bahaya, itu memang salah satu fungsi Polri," katanya.

Baca juga: Kanitlantas Polsek Taman Sari bantu ibu hamil akan melahirkan di tol

Pewarta: Frislidia
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021