Jakarta (ANTARA) - Deputy Secretary General IV & Head of The Personal Data Protection Task Force Indonesian Fintech Association (AFTECH) Sati Rasuanto mengatakan identitas digital yang aman dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap tekfin (fintech) dan optimisme terhadap ekonomi digital nasional.

Salah satunya, penggunaan layanan identitas digital yang aman seperti tanda tangan elektronik (TTE) yang tersertifikasi diyakini sebagai solusi yang dapat meminimalisasi peluang penyalahgunaan data pribadi karena mampu melakukan verifikasi data pengguna secara aman.

"Rasa aman ini menjadi krusial dalam membangun ekosistem ekonomi digital di mana setiap pemainnya memiliki rasa saling percaya. Apalagi mengingat bahwa aktivitas dalam fintech bersifat nirbatas dan tanpa tatap muka secara fisik," kata Sati dalam jumpa virtual, Kamis.

CEO dan Co-founder VIDA tersebut menambahkan, di samping kepatuhan pada regulasi, prinsip digital trust dalam melindungi privasi dan keamanan data pengguna ini harus menjadi kesadaran bersama.

Hal ini mengingat perlindungan data kini telah menjadi concern dari masyarakat pengguna platform digital, termasuk tekfin.

Untuk itu, edukasi tentang identitas digital yang aman perlu terus digalakkan baik oleh semua pihak, agar resiko-resiko yang terjadi seperti identity fraud dapat dimitigasi.

Deputy Secretary General AFTECH Dickie Widjaja menambahkan, perilaku tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh tekfin ilegal berdampak pada menurunnya rasa percaya masyarakat terhadap tekfin.

"Padahal, fintech membawa potensi yang sangat besar baik bagi penggunanya maupun untuk pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Di sinilah pentingnya layanan identitas digital berperan kuat dalam membangun rasa percaya masyarakat," kata Dickie, yang juga merupakan CIO Investree itu.

"Keamanan digital merupakan investasi jangka panjang karena mampu memberikan akuntabilitas dan kredibilitas kepada fintech, dan dalam skala yang lebih besar ikut meningkatkan keyakinan, rasa percaya, serta optimisme masyarakat terhadap layanan keuangan digital," imbuhnya.

Laporan McKinsey Global Institute pada tahun 2019 sudah pernah memperkirakan bahwa identitas digital dapat menghidupkan 50-70 persen potensi ekonomi di negara-negara berkembang, dengan kondisi tingkat adaptasi mencapai sekitar 70 persen.

Bahkan, pemanfaatan identitas digital juga diperkirakan dapat menciptakan nilai ekonomi setara dengan 3-13 persen PDB di tahun 2030.

Baca juga: 4 hal yang bikin pengajuan pinjol pertamamu aman dan lancar

Baca juga: Persaingan tekfin dan bank digital beri ragam pilihan layanan keuangan

Baca juga: Akselerasi perbankan digital buka peluang dan inklusi keuangan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021