Jakarta (ANTARA) - Penyedia solusi open source global Red Hat, Inc., memberikan penghargaan kepada BTPN Syariah dan PT Pegadaian (Persero) sebagai pemenang Red Hat APAC Innovation Awards 2021 untuk pasar Indonesia.

Kedua perusahaan meraih penghargaan berkat perjalanan transformasi digital dan penciptaan berbagai inovasi menggunakan solusi dari Red Hat.

"Tahun 2021 masih menjadi tahun penuh ketidakpastian, namun perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik sudah menggunakan teknologi open source untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis dengan lebih cepat dan lebih efektif melalui transformasi digital," kata Vice President dan General Manager, APAC, Red Hat, Marjet Andriesse, dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga: Red Hat gandeng Ingram Micro perluas layanan cloud di Indonesia

Para pemenang dipilih berdasarkan dampak dari penggunaan solusi Red Hat terhadap target bisnis dan kultur perusahaan, industri, komunitas, serta keunikan visinya.

Mereka telah menunjukkan bagaimana tools dan kultur open source sudah membantu mereka meningkatkan produktivitas, kegesitan, dan penghematan biaya, sekaligus memberdayakan mereka untuk menjawab tantangan masa depan dan tren baru dengan lebih percaya diri dan efektif.

Para pemenang penghargaan dibagi dalam lima kategori: Digital Transformation, hybrid Cloud Infrastructure, Cloud-Native Development, Automation, dan Resilience.

BTPN Syariah memenangkan kategori Digital Transformation and Hybrid Cloud Infrastructure.

Bank ini beralih ke Red Hat untuk membangun platform yang gesit untuk merancang dan menjalankan aplikasi dengan cepat, secara otomatis dan aman.

Dengan menggunakan Red Hat Hybrid Cloud, Container, Automation and Middleware, BTPN Syariah sudah memanfaatkan container kelas enterprise dan kemampuan otomatisasi untuk mempercepat pengembangan aplikasi dan inovasinya.

Sementara, PT Pegadaian (Persero) memenangkan kategori Digital Transformation and Cloud-native Development.

Dengan menggunakan Red Hat OpenShift, Red Hat OpenShift Data Foundation, Red Hat Enterprise Linux Server dan Red Hat Integration, Pegadaian memodernisasi aplikasinya, mempercepat inovasi, dan menggelar layanan baru dengan lebih cepat dan lebih andal.

Developer juga bisa meningkatkan kecepatan delivery dan relevansi layanan IT untuk bisnis dan meluncurkan solusi yang sesuai bagi nasabah.

Solusi Red Hat juga memungkinkan Pegadaian menambah beberapa channel pembelian ke beberapa portal e-commerce populer dan mengintegrasikannya dengan bank BUMN, sehingga memberikan nasabah user experience yang lebih komprehensif.

Dengan transformasi layanan digital dan membuka lebih banyak channel, Pegadaian bisa memperluas jangkauannya untuk mendukung lebih banyak orang dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk nasabahnya.

Baca juga: Red Hat tunjuk pimpinan baru di Asia Pasifik dan Amerika Utara

Baca juga: Red Hat umumkan peraih ASEAN Partner Synergy awards 2021 Indonesia

Baca juga: Siemens, IBM dan Red Hat luncurkan inisiatif hybrid cloud

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021