di antaranya 5G virtual reality (VR) Gaming, camera 360, dan juga robot 5G
Mataram (ANTARA) - Telkomsel memastikan infrastruktur jaringan telekomunikasi sudah siap untuk kenyamanan dan kehandalan dalam berkomunikasi saat penyelenggaraan  balap sepeda motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 19-21 November 2021.

Vice President Network Service Management Area Jawa Bali Telkomsel, Juanita Erawati mengatakan di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, pihaknya sudah mengoperasikan jaringan 4G LTE.

"Dalam mendukung pelaksanaan event WSBK Mandalika, kami memperkuat cakupan  dan kapasitas jaringan dengan membangun total delapan combat (compact mobile base station). Ada tiga 'combat' dipasang di area sirkuit Mandalika, dua dipasang di hospitality, satu di area medical center Rumah Sakit Mandalika, dan dua combat di rute akses baru menuju sirkuit," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Rabu.

Baca juga: Pebalap Asia Talent Cup tiba di Sirkuit Mandalika 11 Nopember

Menurut dia, dengan adanya penambahan kapasitas dan optimasi jaringan tersebut maka kapasitas yang sebelumnya mampu melayani 4.000 pengguna akan meningkat menjadi 25.000 pengguna.

Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan pada lokasi-lokasi seperti hotel, restoran, rumah sakit dan rute akses baru di area Mandalika dan Pulau Lombok.

Mendukung gelaran World superbike Mandalika, kata Juanita, Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup menjadi operator telekomunikasi digital terdepan Indonesia pertama yang menghadirkan pengalaman konektivitas digital berteknologi jaringan broadband terdepan 5G untuk masyarakat Mandalika.

Baca juga: Pemesanan tiket dan hotel di Lombok jelang WSBK penuh

"Selama perhelatan olahraga nasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G melalui ruang pamer (showcase) di ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan sirkuit Mandalika," ujarnya.

Ia menyebutkan sejumlah "use case" ​​​dengan dukungan teknologi 5G telah disiapkan bagi masyarakat Mandalika dan para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman teknologi digital terkini, di antaranya 5G virtual reality (VR), gaming, camera 360, dan juga robot 5G.

Baca juga: Dispar Lombok Barat gelar kompetisi barista sambut WSBK Mandalika

Pihaknya berharap penerapan teknologi jaringan Telkomsel 5G dapat terus diakselerasikan secara terukur, bertahap dan merata.

"Ajang WSBK Mandalika menjadi salah satu yang tepat untuk lebih memperkenalkan dan memberikan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi terdepan 5G yang berdampak positif kepada masyarakat di NTB, terutama Mandalika," kata Juanita.

Pewarta: Awaludin
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021