Jakarta (ANTARA) - Manajer tim nasional bola basket putri Christopher Tanuwidjaja mengakui Indonesia menghadapi tantangan berat saat mengikuti gelaran Piala FIBA Asia Putri 2021 di Amman, Yordania, 7-13 November.

Srikandi basket Indonesia bakal tampil di Divisi B demi mengincar kesempatan promosi ke Divisi A untuk menggantikan India yang bulan lalu terdegradasi.

Indonesia bersaing dengan lima negara lain untuk memburu tiket promosi tersebut, yakni Kazakhstan, Lebanon, Suriah, Iran serta tuan rumah Yordania.

"Hanya ada satu slot bagi kami jika mau naik ke Divisi A, kami harus menjadi juara, dan kondisinya terus terang agak sulit bagi kami untuk mendapat data-data tentang lawan yang akan dihadapi," tutur Christopher dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Terlebih lagi, Indonesia berada di Pool B bersama tuan rumah Yordania serta Kazakhstan yang pada 2017 silam pernah menjadi runner-up Divisi B.

Menurut Christopher, FIBA telah merilis power ranking enam negara peserta Piala FIBA Asia Putri 2021 Divisi B, di mana Indonesia hanya menempati peringkat ketiga di bawah Kazakhstan dan Lebanon.

Skuat Merah Putih bakal mengawali perjuangan mereka di Amman dengan menghadapi Kazakhstan pada 7 November, diikuti pertemuan melawan tuan rumah Yordania sehari berselang.

Juara masing-masing pool berhak untuk langsung melangkah ke semifinal, sementara posisi kedua dan ketiga akan bertemu sekali lagi untuk menentukan kelolosan ke semifinal.

Baca juga: Perbasi targetkan timnas basket putri promosi divisi di FIBA Asia

Meski menghadapi tantangan, pria yang biasa disapa Itop itu mengaku optimistis bahwa timnas putri mampu meraih hasil maksimal apabila bisa tampil fokus dan percaya diri.

"Kami harus bisa melawan diri kami sendiri ketika kami tertinggal, tetap fokus, stick to game plan, fokus ke kekuatan kami saja, jangan berpikir 'wah mereka (postur tubuhnya) besar-besar.' Saya pribadi optimistis dan saya yakin hasilnya akan baik," pungkas dia.

Demi memenuhi ambisi mendapat tiket promosi Divisi A, PP Perbasi telah mendatangkan pelatih baru Lin Chi Wen dari Taiwan untuk menggantikan Lori Chizik, yang pernah mengantar timnas basket putri Indonesia meraih medali perunggu SEA Games 2019.

Berikut daftar roster timnas basket putri Indonesia untuk Piala FIBA Asia Putri 2021:

1. Lea Elvensia Wolobubo Kahol (power forward)
2. Agustin Elya Gradita Retong (point guard)
3. Kadek Pratita Citta Dewi (shooting guard)
4. Priscilla Annabel Karen (small forward)
5. Sumiati (shooting guard)
6. Yuni Anggraeni (power forward)
7. Mega Nanda Perdana Putri (small forward)
8. Nathania Claresta Orville (shooting guard)
9. Gabriel Sophia (center)
10. Henny Sutjiono (small forward)
11. Angelica Jennifer Candra (center)
12. Kimberley Pierre Louis (center)

Baca juga: PP Perbasi datangkan pelatih baru tangani timnas basket putri

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021