Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengatakan target penyerapan bersih atau net sink emisi gas rumah kaca sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain (forestry and other land use/FoLU) pada 2030 tidak hanya dilakukan untuk Indonesia tapi juga komunitas global.

"Dengan mencapai FoLU Net Sink 2030, bukan hanya untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan mengurangi emisi Indonesia tapi kami melakukannya untuk komunitas global," kata Wamen LHK Alue Dohong dalam diskusi di Indonesia Pavilion di sela-sela Conferense of Parties (COP-26) UNFCCC di Glasgow, Skolandia yang dipantau virtual dari Jakarta, Rabu.

Terkait hal itu, Alue dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas bantuan internasional untuk mencapai target-target pengurangan emisi gas rumah kaca Indonesia yang sudah ditetapkan lewat dokumen Nationally Determined Contribution (NDC).

Baca juga: Wamen LHK paparkan langkah Indonesia capai FoLU Net Sink 2030

Dalam dokumen NDC itu telah ditetapkan Indonesia akan mengurangi emisi sebesar 29 persen pada 2030 dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional.

Demi mencapai pengurangan emisi tersebut, Indonesia telah menetapkan target untuk mencapai net sink di sektor FoLU pada 2030.

Namun, Alue menyampaikan bahwa net sink di sektor FoLU pada 2030 bukan berarti adanya nol deforestasi. Tapi, langkah yang diambil adalah dengan mengendalikan deforestasi seminimal mungkin.

"Salah satu instrumen yang ingin kita capai FoLU Net Sink 2030 adalah dengan mengontrol deforestasi serendah mungkin," tegas Alue.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di COP-26 pad Senin (1/11) telah menyampaikan komitmen Indonesia menangani isu perubahan iklim, salah satunya dengan mencapai penyerapan bersih karbon di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain pada 2030.

"Sektor yang semula menyumbang 60 persen emisi Indonesia, akan mencapai karbon net sink selambatnya tahun 2030," kata Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Menteri LHK jelaskan FoLU Net Sink 2030 bukan berarti nol deforestasi
Baca juga: Indonesia FoLU Net Sink 2030 bantu cegah kenaikan suhu Bumi
Baca juga: FoLU Net Sink 2030 salah satu komitmen RI kendalikan perubahan iklim

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021